UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V SD NEGERI 106146 MULIOREJO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V-B semester Ganjil SD Negeri 106146 Muliorejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini diambil di kelas V-B SD Negeri 106146 Muliorejodengan jumlah siswa 40 siswa. Model Pembelajaran Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (52,5%), siklus II (92,5%) dan aktivitas siswa yang semakin meningkat. Pada siklus I, menulis/membaca (38%), menyimak bacaan (31%), bertanya sesama teman (14%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak relevan dengan KBM (6%). Pada siklus II, menulis (25%), membaca puisi (46%), bertanya sesama teman (18%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%). Peneliti memberikan tes hasil belajar sebagai Pretes dengan hasil rata-rata 44,3 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25. Peningkatan hasil belajar siswa dari Formatif I dan II menunjukkan rata-rata dari 70,5 menjadi 79,3. Dengan nilai terendah Formatif I yaitu 40 yang naik pada Formatif II menjadi 67, dan nilai tertinggi 100 pada setiap siklusnya. Dengan ketuntasan klasikal pada Siklus I sebesar 52,5% dan pada Siklus II sebesar 92,5%. Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat pada setiap siklus.
Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Aktivitas Belajar, dan Model Pembelajaran Cooperative
Script
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v2i2.1897
Article Metrics
Abstract view : 276 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.