PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD 101771 TEMBUNG KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di SD Negeri 101771 Tembung. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball Throwing dapat meningjatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa, dari 34 orang siswa, 8 orang siswa (23,5%) dengan nilai rata-rata 42,94 (belum tuntas) belum mencapai nilai ketuntasan. Siswa yang bisa memahami proses terbentuknya tanah pada siklus I dari 34 orang siswa, sebanyak 19 orang siswa (55,88%) dengan nilai rata-rata 69,47 (belum tuntas) masih belum mencapai nilai ketuntasan hasil belajar. Dan pada siklus II siswa yang bisa memahami penjumlahan bilangan bulat sebanyak dari 34 orang siswa, sebanyak 31 orang siswa (91,17%) mencapai ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 98,38 (tuntas). Dan ketuntasan klasikal siswa yang tercapai dari 31 orang siswa (91,17%) telah melebihi 85% dari jumlah siswa yang ada, dengan nilai rata-rata 98,38 (tuntas).
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Pembentukan tanah, Snowball Throwing
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4170
Article Metrics
Abstract view : 379 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.