MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BACAAN SETELAH MEMBACA 250 KATA PER MENIT DENGAN METODE SQ3R SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 STABAT

Ermiati Ermiati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi bacaan dalam berbagai teks sastra dan nonsastra pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Stabat. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan menyimpulkan bacaan setelah membaca 250 kata per menit dengan metode SQ3R. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode SQ3R. Dengan subjek penelitian siswa berjumlah 37 orang. Penelitian dilakukan dengan tindakan awal dan dilanjutkan 2 siklus. Aktivitas mengajar guru selama siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu rata-rata 46,0 dan siklus II rata-rata 81 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa.

Kata kunci : Membaca, Menyimpulkan, Metode SQ3R

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.6004

Article Metrics

Abstract view : 336 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.