MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IX-G SMP NEGERI I STABAT
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Subjek berjumlah 37 siswa. Hasil obsevasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa diperoleh siklus I , kelompok dengan nama “kelompok medan rerata 77%; kelompok binjai rerata 81,5%; kelompok langkat rerata 75,3%; kelompok serdang bedagai 76,2%; kelompok tebingtinggi 69,7% dan kelompok karo 71,1%. Pada siklus I belum maksimal untuk dilanjutkan di siklus II dengan perolehan sebagai berikut , kelompok dengan nama “kelompok medan rerata 77%; kelompok binjai rerata 81,5%; kelompok langkat rerata 75,3%; kelompok serdang bedagai 76,2%; kelompok Tebing tinggi 78,1,7% dan kelompok karo 77,8%. Dari data diatas dapat disimpulkan penerapan metode Team Game Tournament (TGT) pada pembelajaran PKn di SMP Negeri I Stabat dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: Team Game Tournament, PKn, Hasil Belajar, Aktivitas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6843
Article Metrics
Abstract view : 336 timesPDF - 1744 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
School Education Journal PGSD FIP UNIMED
School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.