MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IX-G SMP NEGERI I STABAT

Erni Nurjani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Subjek berjumlah 37 siswa. Hasil obsevasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa diperoleh siklus I , kelompok dengan nama “kelompok medan rerata 77%; kelompok binjai rerata 81,5%; kelompok langkat rerata 75,3%;  kelompok serdang bedagai 76,2%; kelompok tebingtinggi 69,7% dan kelompok karo 71,1%. Pada siklus I belum maksimal untuk dilanjutkan di siklus II dengan perolehan sebagai berikut , kelompok dengan nama “kelompok medan rerata 77%; kelompok binjai rerata 81,5%; kelompok langkat rerata 75,3%;  kelompok serdang bedagai 76,2%; kelompok Tebing tinggi 78,1,7% dan kelompok karo 77,8%. Dari data diatas dapat disimpulkan penerapan metode Team Game Tournament (TGT) pada pembelajaran PKn di SMP Negeri I Stabat dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.

 

Kata Kunci: Team Game Tournament, PKn, Hasil Belajar, Aktivitas.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6843

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 1306 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License
SEJ (School Education Journal PGSD FIP UNIMED) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.