PENGARUH LATIHAN SMASH BERBASIS TARGET GAMES TERHADAP KEMAMPUAN SMASH BULUTANGKIS

Nurman Hasibuan, Samsuddin Siregar, Agus Salim Samosir, Muhammad Nustan Hasibuan

Abstract


Pukulan smash dalam bulutangkis merupakan pukulan menyerang yang dilakukan dengan memukul shuttlecock sekeras mungkin dan tajam ke bawah serta mengarah ke arah lapangan lawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan smash berbasis target games terhadap kemampuan smash bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode eksprimen dan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 orang terdiri dari 30 orang kelompok eksprimen dan 30 orang kelompok kontrol. pada baris t-test for Equality Means  diperoleh harga t = 10,154, db = 58 dan sig. (2-tailed) atau p-value = 0,000/2 = 0,000 < 0,05, atau Ho ditolak. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan teruji oleh data, sehingga disimpulkan bahwa latihan smash bulutangkis berbasis target games dapat meningkatkan kemampuan smash pemain. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh latihan smash berbasis target games terhadap peningkatan kemampuan smash bulutangkis pemain pemula. Dengan demikian, latihan smash berbasis target games dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pukulan smash pemain dalam permainan bulutangkis.

Kata kunci: Bulutangkis, smash, target games, kemampuan smash.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/so.v7i2.50810

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional