Cover Image

STILISASI MOTIF EMUN BERANGKAT PADA BUSANA PESTA WANITA

Isma Hayra, Rahmawati Rahmawati, Sartika Br Sembiring

Abstract


 

Abstrak

Motif Emun Berangkat (Awan Berarak) merupakan motif yang berbentuk geometrik dengan lingkaran memusat, memanjang, dan bersambung secara berulang. Motif Emun Berangkat ini seperti irama gerakan angin yang sedang bergerak menuju suatu arah atau satu titik. Motif Emun Berangkat adalah bentuk yang bersumber dari bentuk gerakan awan yang berararak ditiup angin. Filosofi Emun Berangkat tertuang dalam peri mestike (pepatah Gayo) yang artinya pergi satu iringan, tinggal satu kumpulan. Bentuk karya yang diciptakan berupa busana wanita dengan mengkreasikan bentuk motif Emun Berangkat yang telah distilisasikan tetapi tidak merubah bentuk asli dari motif Emun Berangkat sendiri. Dalam penciptaan karya ini pengkarya menggunakan konsep ekspresi simbolik, Penciptaan karya ini didukung oleh landasan teori yaitu menggunakan teori Kartika berupa teori bentuk dan teori fungsi. Metode yang digunakan dalam karya ini terdiri dari tiga langkah, yaitu tahap eksperimen, tahap perenungan dan tahap perwujudan karya. Pada penggarapan karya ini pengkarya menerapkan motif Emun Berangkat ke dalam busana pesta penciptaan karya Tugas Akhir yang di ciptakan berjumlah tujuh karya busana yang berupa karya fungsional. Karya ini memiliki tiga fungsi yaitu fungsi personal, fungsi sosial dan fungsi fisik. Teknik yang digunakan dalam penggarapan karya ini yaitu teknik bordir dan menggunakan teknik pendukung yaitu sulam payet.

Kata Kunci: Emun Berangkat, Busana Pesta, Kriya Tekstil.

 

The Emun Departed (Clouds in Array) motif is a geometric motif with a central, elongated and continuously connected circle. The Emun Departure motif is like the rhythm of the wind moving towards a direction or one point. The Emun Departing motif is a form that originates from the movement of clouds moving in the wind. The philosophy of Emun Departing is stated in peri mestike (a Gayo proverb) which means going with one group, only one group remains.The form of work created is women's clothing by recreating the shape of the Emun Berangkat motif which has been stylized but does not change the original form of the Emun Berangkat motif itself. In creating this work, the creator used the concept of symbolic expression. The creation of this work was supported by a theoretical basis, namely using Kartika's theory in the form of form theory and function theory. The method used in this work consists of three steps, namely the experimental stage, the contemplation stage and the work realization stage.In creating this work, the creator applied the Emun Departure motif into the party clothing for the final project which created seven pieces of clothing in the form of functional works. This work has three functions, namely personal function, social function and physical function. The technique used in creating this work is embroidery technique and uses a supporting technique, namely sequin embroidery.

Keywords: Emun Berangkat; Party Clothing; Textile Crafts.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal, 2002, Makna Simbolik Warna dan Motif Kerawang Gayo pada Pakaian Masyarakat Gayo, Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negri Yogyakarta.

Amalia, Nur, Dkk. 2021.”Penerapan Hiasan Motif Daun Kelapa dengan Menggunakan Teknik Bordir dan Payet pada Busana Pengantin”. Jurnal Seni Rupa Vol 2 No 1 (2021).

Fatmita, Nia Julia. 2021. “Visualisasi Motif Gayo Emun Berangkat Pada Busana Kasual Musli”. Skripsi, ISI Yogyakarta, 2021.

Kartika, Dharsono Sony.2016. Kreasi Artistik, Bandung: Citra Sains.

​​​. 2017. Seni Rupa Modern, Bandung : Rekayasa Sains.

Salihin, Ansar.2019.”Motif Ukiran Kerawang Gayo Pada Rumah Adat Gayo di Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh”. Gorga Jurnal Seni Rupa Vol 8 No 1.

​​. 2014. “Motif Emun Berangkat Dalam Kajian Sumber Penciptaan”. Padang Panjang ; ISI Padang Panjang.

Salihin, Ansar dan Saniman Andi Kafri. 2022, “ Ragam Hias Aceh Dataran Tinggi” Banda Aceh: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh

Sumartono. 1992. “Orisinalitas Karya Seni Rupa dan Pengakuan Internasional”, dalam Seni jurnal pengetahuan dan penciptaan seni, 11/02, BP ISI Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/sr.v1i1.56190

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License