Sistem Kreativitas Sandur Bojonegoro dalam Pertunjukan “Selendang Kuning”

Hidayah Sumiyani, Autar Abdillah

Abstract


Pertunjukan sandur Bojonegoro dipentaskan di tanah lapang dengan panggung arena dan dibatasi dengan belabar janur kuning. Pada masa pandemi Covid-19, seniman Sandur menciptakan pertunjukan “Selendang Kuning” dengan konsep sandur rumah yaitu sandur yang dipentaskan dalam rumah atau yang dapat disaksikan di rumah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aspek-aspek kreatifitas yang mendukung penciptaan karya Sandur Bojonegoro dengan konsep rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskiptif kualitatif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara semi terstruktur dan studi kepustakaan. Hasil penelitian kemudian dianalasis menggunakan sistem kreatifitas Mihaly Csikzentmihalyi. Hasil penelitian yang telah dianalisis, ditemukan bahwa karya sandur “Selendang Kuning” yang berkonsep sandur rumah dapat tercipta karena beberapa aspek, yaitu (1)domain yang ditempuh telah mengalami titik fokus pada pengembangan Sandur Bojonegoro ke bentuk dan media yang baru dengan penuh kesadaran memilih untuk mempertimbangkan unsur kepakeman yang harus dipakai ataupun yang tidak digunakan dalam proses penciptaan karya tersebut; (2)ranah dalam pertunjukan mendapatkan dukungan, kolaborasi antar aspek yang memadai; dan (3)individu kreatif dalam karya berupa para pelaku sandur Bojonegoro yang terbuka dengan segala kemungkinan penciptaan. 

Keywords


Sandur Bojonegoro; Sistem Kreativitas; Pertunjukan

Full Text:

PDF

References


As’ad, A. (2010). Bentuk Pertunjukan Teater Tradisional Sandur Bojonegoro dan Tuban. ISI Yogyakarta.

Bing, A. (2003). Mbah Sukadi : Sandur, Seni yang Terkubur. Majalah Gong, 16–17.

Csikszentmihalyi, M. (1997). Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention. New York: Harper Perennial.

Danesi, M. (2012). Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Fachtya, B., & Muljono, U. (2019). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KESENIAN SANDUR CERITA BALONG BLANDONG DI DESA LEDOK KULON KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO.

Fuadah, E. N. (2010). Peranan Kesenian Tradisional “Sandur” Sebagai Sarana Pelestarian Nilai-Nilai Lokal di Desa Ledok Kulon Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Universitas Negeri Malang, Malang.

Kurnianingsih, A. (2018). EKSISTENSI SENI TRADISI “SANDUR” PADA MASYARAKAT MODERN DI DESA LEDOK KULON KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

May, R. (2018). Kreativitas Dan Keberanian. Yogyakarta: Ircisod.

Mcintyre, P. (2007). Rethinking Creative Practice in the Light of Mihaly Csikszentmihalyi’s Systems Model of Creativity. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/238725021_Rethinking_Creative_Practice_in_the_Light_of_Mihaly_Csikszentmihalyi%27s_Systems_Model_of_Creativity

Moses, F. (2018). STRATEGI KOMUNITAS : SANDUR DI BOJONEGORO, JAWA TIMUR. Badan . Jakarta.

Piliang, Y. A. (2013). Budaya Teknologi Indonesia : Kendala dan Peluang Masa Depan. Jurnal Sosioteknologi Institut Teknologi Bandung , 28, 246–262.

Piliang, Y. A. (2018). Medan Kreativitas : Memahami Dunia Gagasan. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Sholihah, A. S. (2019). UNGKAPAN-UNGKAPAN DALAM KESENIAN SANDUR DI KELURAHAN LEDOK KULON KABUPATEN BOJONEGORO (KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Straus, Anselm & Corbin, J. (2013). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarjo, J. (2000). Filsafat Seni. Bandung : Penerbit ITB.

Waras, A. R. B. (2016). Makna Kesenian Sandur Ronggo Budoyo Bagi Masyarakat Tuban. Antropologi UNAIR, V(3), 374–286.

Wibono, J. C., Susilowati, T. T., & As’ad, M. A. (2009). Membaca Sandur Bojonegoro dan Sandur Tuban. Resital, 10(2). Retrieved from http://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/481/75




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v5i1.24551

Article Metrics

Abstract view : 351 times
PDF - 303 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @jurnalgondang