PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP SIKAP TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN BUDAYA DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PELITA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Ingrid Abdillah Simanjuntak, Zuraida Lubis

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap sikap toleransi dalam keberagaman budaya dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan Tahun Ajaran 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan one group pre-test dan post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui sikap toleransi dalam keberagaman budaya. Teknik analisis data dengan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan perhitungan skor test awal (Pre-Test) diperoleh rata-rata 59,8 termasuk kategori rendah sedangkan (Post-Test) atau setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh skor rata-rata 90,3 termasuk kategori tinggi. Artinya rata-rata skor sikap toleransi dalam keberagaman budaya lebih tinggi sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Perubahan peningkatan sikap toleransi dalam keberagaman budaya dengan teman sebaya setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebesar 51,00% . Dengan nilai 19,  = 0,05 dan N = 10 maka berdasarkan daftar,  = 8. Didapatkan>  dengan penjelasan (19 > 8). Hal ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Sikap Toleransi Dalam Keberagaman Budaya Dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan T.A 2018/2019 dapat diterima.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok; Diskusi; Toleransi; Keberagaman Budaya

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12186

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 218 times

Copyright (c) 2018 Ingrid Abdillah Simanjuntak, Zuraida Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.