PERBEDAAN PRIVASI PADA REMAJA DITINJAU DARI BIG FIVE PERSONALITY DI UNIVERSITAS TJUT NYAK DHIEN MEDAN

Salamiah Sari Dewi, Mawaddah Bazaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan privasi pada remaja ditinjau dari tipe kepribadian Big Five di Fakultas Farmasi. Hipotesis dalam penelitian ini ialah ada perbedaan privasi ditinjau dari tipe kepribadian Big Five. Sampel penelitian berjumlah 150 orang mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Farmasi Universitas Tjut Nyak Dhien. Kepada responden diberikan dua skala yaitu skala privasi yang bertujuan untuk melihat seberapa tinggi privasi, dan skala Big Five bertujuan untuk mengetahui kecenderungan kepribadian yang dimiliki oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varians satu jalur. Dari hasil analisis varians satu jalur ini menghasilkan: 1) Ada perbedaan privasi yang signifikan antara remaja yang memiliki tipe kepribadian Neuroticism, Concientiousness, Extraversion, Openness to Experiences, Agreeableness dengan koefisien F= 5,436 dengan P < 0,05. 2) Berdasarkan analisis data diketahui bahwa mean empirik privasi pada Neuroticism sebesar 17,24, privasi pada Concientiousness sebesar 11,27, privasi pada Extraversion sebesar 11,32, privasi pada Openness to Experiences sebesar 10,12 dan privasi pada Agreeableness sebesar 12,61. Jadi dapat disimpulkan bahwa tipe kepribadian Neuroticism memiliki tingkat privasi yang lebih tinggi dibanding dengan kepribadian Agreebleness, Concientiousness, Extraversion dan Openness to Experiences. 3) Diketahui bahwa tingkat privasi pada mahasiswa di Fakultas Farmasi Universitas Tjut Nyak Dhien cukup tinggi karena memiliki mean hipotetik 12 lebih kecil dari mean empirik dan melebihi 1 bilangan SD yaitu 4,269.

Kata Kunci           : Privasi; Big Five Personality; Mahasiswa





DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v11i2.13386

Article Metrics

Abstract view : 277 times


Copyright (c) 2017 Salamiah Sari Dewi, Mawaddah Bazaruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.