HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONFORMITAS SISWA KELAS VIII SMP N 1 KANDANGAN, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13733Abstract
AbstrakPenelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menguji hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan konformitas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional dengan konformitas. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 246 orang siswa kelas VIII SMP Kandangan Kab. Temanggung dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 146 orang siswa kelas VIII SMP Kandangan Kab. Temanggung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Isaac dan Michael. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala kecerdasan emosional dan skala konformitas, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Salovey dan Mayer dan teori Sears (1999). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi kendall™s tau-b, dan pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 20.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara tingkat kecerdasan emosional dengan konformitas pada siswa kelas VIII SMP Kandangan Kab. Temanggung ditunjukkan nilai r = -0,682 dengan taraf signifikan 0,000 ≤ 0,05. Artinya semakin tinggi konformitas maka tingkat kecerdasan emosional semakin rendah.Kata Kunci : Kecerdasan Emosional; KonformitasDownloads
Published
2019-07-02
How to Cite
Kuswijayanti, D., Tagela, U., & Setyorini, S. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONFORMITAS SISWA KELAS VIII SMP N 1 KANDANGAN, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. PSIKOLOGI KONSELING, 10(1). https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13733
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2019 Desi Kuswijayanti, Umbu Tagela, Setyorini Setyorini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.