PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS X IPS SMA KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA

Yuliana Bewu, Yari Dwikurnaningsih, Yustinus Windrawanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan gadget terhadap interaksi sosial siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Kristen Satya Wacana Salatiga yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data untuk penggunaan gadget menngunakan kuesioner yang disusun oleh Chusna Oktia Roman (2017) bedasarkan teori Chriany Judhita sedangkan untuk data interaksi sosial menggunakan skala sikap yang disusun oleh Agung Prasetio (2017) berdasarkan teori Partowisastro. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana yang diolah dengan bantuan program SPSS for Windows 16.0. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil R Square = 0,01 (0,1%) yang berarti bahwa variabel penggunaan gadget memberikan pengaruh terhadap interaksi sosial hanya sebesar 0,1% dan untuk 99,9% oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Sedangkan untuk hasil Anova diperoleh hasil f hitung (0.042) dan sig (0.838>0.05), serta pada data Coefficients diperoleh hasil T hitung (0.205). Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial siswa kelas X SMA Kristen Satya Wacana Salatiga tahun ajaran 2018/2019

Kata Kunci : Siswa Kelas X IPS SMA, Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16195

Article Metrics

Abstract view : 1445 times
PDF - 9764 times

Copyright (c) 2019 Yuliana Bewu, Yari Dwikurnaningsih, Yustinus Windrawanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.