Hubungan antara Aktualisasi diri dengan Perilaku Narsistik pada Mahasiswa Pengguna Instagram di Prodi Psikologi FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Lilik Isro' atin, Widyastuti Widyastuti Widyastuti

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktualisasi diri dengan perilaku narsistik pada mahasiswa yang menggunakan Instagram di Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah aktualisasi diri sebagai variabel bebas dan perilaku narsistik sebagai variabel yang terikat. Populasi siswa pengguna Instagram adalah 290 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah 168 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling. Pengambilan data menggunakan model skala likert.Aktualisasi diri (r = 0.857) digunakan untuk mengukur aktualisasi diri dan skala perilaku narsistik (r = 0. 942) digunakan untuk mengukur perilaku narsistik. Berdasarkan analisis uji product moment Pearson ditemukan bahwa terdapat hubungan negatif antara aktualisasi diri dengan perilaku narsistik pada mahasiswa pengguna Instagram dengan atribut -0,527 dengan signifikansi 0,000 <0,005. Koefisien determinasi yang ditunjukkan R square sebesar 0,278. Angka tersebut menjelaskan bahwa dalam penelitian ini variabel aktualisasi diri memberikan kontribusi efektif sebesar 27,8% terhadap perilaku narsistik pada mahasiswa pengguna Instagram. Koefisien determinasi yang ditunjukkan R square sebesar 0,278.Angka tersebut menjelaskan bahwa dalam penelitian ini variabel aktualisasi diri memberikan kontribusi efektif sebesar 27,8% terhadap perilaku narsistik pada mahasiswa pengguna Instagram. Koefisien determinasi yang ditunjukkan R square sebesar 0,278. Angka tersebut menjelaskan bahwa dalam penelitian ini variabel aktualisasi diri memberikan kontribusi efektif sebesar 27,8% terhadap perilaku narsistik pada mahasiswa pengguna Instagram.

Kata Kunci- Aktualisasi Diri; Perilaku Narsistik; Siswa yang Menggunakan Instagram

Abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara aktualisasi diri dengan perilaku narsistik pada mahasiswa pengguna instagram di Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini adalah aktualisasi diri sebagai variabel independen dan perilaku narsistik sebagai variabel dependen. populasi mahasiswa pengguna instagram sebanyak 290 mahasiswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 168 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportate stratified random sampling. Pengambilan data menggunakan skala model Likert. Aktualisasi diri (r = 0,857) digunakan untuk mengukur aktualisasi diri dan skala perilaku narsistik (r = 0, 942) digunakan untuk mengukur perilaku narsistik. Berdasarkan analisis uji coba produk saat ditemukan bahwa terdapat hubungan negatif antara aktualisasi diri dengan perilaku narsistik pada mahasiswa pengguna instagram dengan informasi sebesar -0,527 dengan signifikansi 0,000 <0,005. Koefisien determinasi yang ditunjukkan oleh R square adalah 0,278 angka tersebut menjelaskan bahwa pada penelitian variabel aktualisasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 27,8% terhadap perilaku narsistik pada mahasiswa pengguna instagram.

Kata kunci- aktualisasi diri; perilaku narsistik; mahasiswa pengguna instagram


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v6i1.19505

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 95 times

Copyright (c) 2015 Lilik Isro' atin, Widyastuti Widyastuti Widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.