PERAN CITRA TUBUH DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI KOSMETIK PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA DENPASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.
Cash, T.F., & Pruzinsky, T. (2002). Body Image: A Handbook of Theory, Research, and Clinical Practice. New York: Guilford Press.
Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Denpasar. (2014). Kondisi ekonomi. Denpasar: Penulis. Diakses dari http://www.denpasarkota.go.id/index.php/selayang-pandang/3/Kondisi-Ekonomi.
Engel, F.J., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (2001). Consumer Behaviour (edisi kesepuluh). Orlando: Harcourt College Publishers.
Firdausi, S. (2018). Hubungan Body Image dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik pada Remaja Putri di Bukittinggi. Jurnal Riset Psikologi. Vol.2018, No.3, 1-2.
Fitria, A., & Suksma, D. (2013). Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol.2, No.2, 202-207.
Hawkins, D.I., & Mothersbaugh, D.L. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (edisi kesebelas). New York: McGraw-Hill
Healey, J. (2014). Postive Body Image: Issues in Society. Sydney: The Spinney Press.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.
Jumiati. (2009). Perubahan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Akibat Value-Added Telepon Seluler (HP) (Studi Penelitian Mahasiswa Angkatan 2005 -2006 UIN Sunan Kalijaga). (Skripsi). Fakultas Ushuliddin, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Khan, M. (2006). Consumer Behavior and Marketing Management. New Delhi: New Age International.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (edisi pertama). Jakarta: Prehallindo.
Kusuma, A.R., & Afdilah, R. (2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman. Vol.1, No.1, 17-30.
Markplus Inc. (2018). ZAP Beauty Index 2018. Jakarta, DKI: Penulis. Diakses dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex
Nurasyiah, A., Dahlan, D., & Budiwati, N. (2009). Analisis Pengaruh Lingkungan Sosial Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Vol.5, No.14,
Oktaviani, C., & Kartasasmita, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Kosmetik Pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol.1, No.2, 126-133.
Razmus, W., Jaroszyńska, M., & Palęga, M. (2017). Personal aspirations and Brand Engagement in Self-concept. Personality and Individual Differences. Vol.105, No.1, 294-299.
Papalia, D.E., Old, S.W., & Feldman, R.D. (2008). Human Development. Jakarta: Prenada Media Group.
Pratiwi, D.S. (2011). Hubungan Konsep Diri Remaja Putri dengan Perilaku Membeli Produk Kosmetik Pemutih Wajah. (Skripsi). Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Pratomo, D.Y. (2012). HypnoBeauty: Sugesti Positif Agar Menjadi Cantik, Bahagia, dan Penuh Percaya Diri. Bandung: PT. Mizan Publika.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Santrock, J.W. (2020). Life-Span Development (edisi kesepuluh). New York: McGraw-Hill Education.
Sari, N.P., & Nuzulia, S. (2014). Nilai Konsumsi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology. Vol.3, No.1, 48-54.
Suprapti, N.W.S. (2010). Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: Udayana University Press.
Slavin, R.E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (edisi kedelapan). Jakarta: PT Indeks.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (mixed method) (edisi keenam). Bandung: Alfabeta.
Taylor, J.V. (2014). The Body Images Workbook for Teens. Kanada: Raincoast Books.
Tambunan, R. (2001). Remaja dan Pola Hidup Konsumtif. Diakses dari http://www.e-psikologi.com/artikel/individual/remaja-dan-perilaku-konsumtif
Urbanus, N., & Febianti, F. (2017). Analisis dampak Perkembangan Pariwisata terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Wilayah Bali Selatan. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas. Vol.1, No.2, 118-133.
Utami, W.T. (2014). Hubungan antara Citra Tubuh dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Make Up Wajah pada Mahasiswi. (Skripsi). Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Veale, D. & Neziroglu F. (2010). Body Dysmorphic Disorder. New York: John Wiley & Sons.
Wilani, N.M.A., Valentina, T.D. (2015). Asesmen dan Modifikasi Perilaku Pada Kelompok Remaja Konsumtif di Sekolah Menengah Atas Denpasar. Jurnal Publikasi. Denpasar: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27824
Article Metrics
Abstract view : 1261 timesPDF - 1059 times
Copyright (c) 2021 Dewa Nyoman Yogananda Saputra, Dewi Puri Astiti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.