PERAN CITRA TUBUH DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM MEMBELI KOSMETIK PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA DENPASAR

Dewa Nyoman Yogananda Saputra, Dewi Puri Astiti

Abstract


Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tergolong dalam kategori remaja merupakan individu yang sedang mengalami masa perubahan, baik perubahan biologis, kognitif maupun sosioemosional. Perubahan biologis yang terjadi menyebabkan siswi SMA semakin memperhatikan tubuh dan mengarah pada perilaku untuk beradaptasi dengan keadaan tersebut, salah satunya dengan membeli sesuatu yang dapat menunjang penampilan, seperti kosmetik. Pembelian kosmetik secara berlebihan sebagai upaya untuk menunjang penampilan dapat menjadi kebiasaan yang konsumtif, selain itu konsep diri sebagai kerangka acuan individu untuk berinteraksi dengan lingkungan diduga kuat berperan terhadap perilaku konsumtif dalam membeli kosmetik pada sisiwi SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran citra tubuh dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif dalam membeli kosmetik pada siswi SMA di Kota Denpasar. Responden dalam penelitian ini adalah 116 siswi SMA di Kota Denpasar yang dipilih menggunakan teknik two stage cluster sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Citra Tubuh, Skala Konsep Diri dan Skala Perilaku Konsumtif yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji regresi menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,326 dan koefisien determinasi sebesar 0,106 dengan signifikansi sebesar 0,002 (p<0,05) yang berarti citra tubuh dan konsep diri secara bersama-sama berperan sebesar 10,6% terhadap perilaku konsumtif. Citra tubuh secara mandiri berperan terhadap perilaku konsumtif sedangkan konsep diri secara mandiri tidak berperan secara signifikan terhadap perilaku konsumtif. Konsep diri hanya dapat berperan ketika bersama-sama dengan citra tubuh

Keywords


citra tubuh, konsep diri, perilaku konsumtif, siswi Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Cash, T.F., & Pruzinsky, T. (2002). Body Image: A Handbook of Theory, Research, and Clinical Practice. New York: Guilford Press.

Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Denpasar. (2014). Kondisi ekonomi. Denpasar: Penulis. Diakses dari http://www.denpasarkota.go.id/index.php/selayang-pandang/3/Kondisi-Ekonomi.

Engel, F.J., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (2001). Consumer Behaviour (edisi kesepuluh). Orlando: Harcourt College Publishers.

Firdausi, S. (2018). Hubungan Body Image dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik pada Remaja Putri di Bukittinggi. Jurnal Riset Psikologi. Vol.2018, No.3, 1-2.

Fitria, A., & Suksma, D. (2013). Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol.2, No.2, 202-207.

Hawkins, D.I., & Mothersbaugh, D.L. (2010). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (edisi kesebelas). New York: McGraw-Hill

Healey, J. (2014). Postive Body Image: Issues in Society. Sydney: The Spinney Press.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Jumiati. (2009). Perubahan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Akibat Value-Added Telepon Seluler (HP) (Studi Penelitian Mahasiswa Angkatan 2005 -2006 UIN Sunan Kalijaga). (Skripsi). Fakultas Ushuliddin, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Khan, M. (2006). Consumer Behavior and Marketing Management. New Delhi: New Age International.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (edisi pertama). Jakarta: Prehallindo.

Kusuma, A.R., & Afdilah, R. (2012). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman. Vol.1, No.1, 17-30.

Markplus Inc. (2018). ZAP Beauty Index 2018. Jakarta, DKI: Penulis. Diakses dari https://zapclinic.com/zapbeautyindex

Nurasyiah, A., Dahlan, D., & Budiwati, N. (2009). Analisis Pengaruh Lingkungan Sosial Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. Vol.5, No.14,

Oktaviani, C., & Kartasasmita, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Kosmetik Pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol.1, No.2, 126-133.

Razmus, W., Jaroszyńska, M., & Palęga, M. (2017). Personal aspirations and Brand Engagement in Self-concept. Personality and Individual Differences. Vol.105, No.1, 294-299.

Papalia, D.E., Old, S.W., & Feldman, R.D. (2008). Human Development. Jakarta: Prenada Media Group.

Pratiwi, D.S. (2011). Hubungan Konsep Diri Remaja Putri dengan Perilaku Membeli Produk Kosmetik Pemutih Wajah. (Skripsi). Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Pratomo, D.Y. (2012). HypnoBeauty: Sugesti Positif Agar Menjadi Cantik, Bahagia, dan Penuh Percaya Diri. Bandung: PT. Mizan Publika.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Santrock, J.W. (2020). Life-Span Development (edisi kesepuluh). New York: McGraw-Hill Education.

Sari, N.P., & Nuzulia, S. (2014). Nilai Konsumsi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang. Journal of Social and Industrial Psychology. Vol.3, No.1, 48-54.

Suprapti, N.W.S. (2010). Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: Udayana University Press.

Slavin, R.E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (edisi kedelapan). Jakarta: PT Indeks.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (mixed method) (edisi keenam). Bandung: Alfabeta.

Taylor, J.V. (2014). The Body Images Workbook for Teens. Kanada: Raincoast Books.

Tambunan, R. (2001). Remaja dan Pola Hidup Konsumtif. Diakses dari http://www.e-psikologi.com/artikel/individual/remaja-dan-perilaku-konsumtif

Urbanus, N., & Febianti, F. (2017). Analisis dampak Perkembangan Pariwisata terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Wilayah Bali Selatan. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas. Vol.1, No.2, 118-133.

Utami, W.T. (2014). Hubungan antara Citra Tubuh dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Make Up Wajah pada Mahasiswi. (Skripsi). Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Veale, D. & Neziroglu F. (2010). Body Dysmorphic Disorder. New York: John Wiley & Sons.

Wilani, N.M.A., Valentina, T.D. (2015). Asesmen dan Modifikasi Perilaku Pada Kelompok Remaja Konsumtif di Sekolah Menengah Atas Denpasar. Jurnal Publikasi. Denpasar: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27824

Article Metrics

Abstract view : 1195 times
PDF - 946 times

Copyright (c) 2021 Dewa Nyoman Yogananda Saputra, Dewi Puri Astiti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.