HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA

Mamang Efendy, Amanda Pasca Rini

Abstract


Minat belajar penting untuk mendorong siswa lebih giat dan aktif mencapai tujuannya dalam belajar di sekolah. Minat belajar juga penting untuk pencapaian dan prestasi akademik. Guru memiliki peran sentral dalam membantu meningkatkan minat belajar siswa disekolah. Melalui metode mengajar yang kreatif dan menyenangkan, diharapkan guru dapat membantu meningkatkan minat belajar siswadi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam mengajar dengan minat belajar siswa di sekolah. Sampel penelitian sebanyak 100 siswa SMP Negeri 1 Galis Pamekasan yang diambil secara acak. Skala pada penelitian ini menggunakan skala persepsi siswa terhadap kreativitas guru dan skala minat belajar yang disusun sendiri oleh peneliti. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara  kreativitas guru dalam mengajar dengan minat belajar siswa. Hasil penelitian menegaskan bahwa kreativitas seorang guru dalam mengajar memainkan peran penting terhadap minat belajar siswa. Melalui cara mengajar yang kreatif, guru membantu menciptakan suasana belajar yang efektif, membuat siswa lebih tertarik dan membuat suasana belajar yang lebih stabil sehingga membantu meningkatkan keterlibatan siswa di sekolah, prestasi akademik, minat, kepercayaan diri dan ketahanan, selain itu  siswa terhindar dari kekakuan, ketegangan dan kecemasan dalam belajar, yang pada akhirnya menciptakan minat belajar siswa lebih tinggi.


Keywords


Persepsi, Kreativitas, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ainley, M., Hidi, S., & Berndorff, D. 2002. Interest, learning, and the psychological processes that mediate their relationship. Journal of Educational Psychology, 545-561.

Ani, K. 2010. Hubungan Antara Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Sudirman Kopeng Kec. Getasan tahun 2010-2010 (sarjana). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Diambil dari http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/3801/.

Aprilia, K. R. 2015. Hubungan Antara Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Minat, Motivasi dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di Kecamatan Padureso Kebumen. Jurnal PGSD Indonesia, 1(4).

Chiasson, P.E. 2002. Using Humour In The Second Language Classroom. Diakses 07 Februari 2018 dari http://iteslj.org/Techniques/Chiasson-Humour.html.

Darmawan, R. 2015. Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015 (sarjana). Universitas Muhammaiyah Surakarta. Diambil dari http://eprints.ums.ac.id/35501/.

Davies, D., Snape,D.J.,Collier,C., Digby,R., Hay,P & Howe, A. 2013. Creative Learning Environments In Education—A systematic Literature Review. Thinking Skills and Creativity, 8(2), 80-91.

Ekvall, G. 1996. Organizational Climate for Creativity and Innovation. European Journal of Work and Organizational Psychology, 5(1), 105-123.

Fowler, F. 2009. Handbook of Applied Social Research Methods and Survey Reseach Methods. Diakses 14 Maret 2018 dari https://books.google.co.id/books.

Haydon, K. P. 2015. What if we view our education system as an ecosystem. Big questions in creativity, 113-128.

Koller, O., Baumert, J., & Schnabel, K. 2001. Does Interest Matter? The Relationship between Academic Interest and Achievement in Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 32(5), 448-470.

Kusuma, M. E. 2015. Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015 (sarjana). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diambil dari http://eprints.ums.ac.id/35959/.

Mappiare, A. 1982. Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

McCoy, J. M., & Evans, G. W. 2002. The Potential Role of The Physical Environment in Fostering Creativity. Creativity Research Journal, 14(4), 409–426.

Obialo, F. 2018. Teacher-Student Perception of Humour, Playfulness and Creativity on Student Learning Outcome in Ibadan Nigeria. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 26(3), 1–13.

Pintrich, P. R. 2000. An achievement goal theory perspective on issues in motivation terminology, theory, and research. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 92–104.

Puccio, G. J. 2012. Creativity as a life skill (TEDx Gramercy). Retrieved February, 15, 2016.

Puccio, G. J., Mance, M., & Murdock, M. C. 2010. Creative leadership: Skills that drive change. Sage Publications.

Savickas, M. L. 1999. Interest, Learning, and Motivation. Educational Psychologist, 26(4), 299–323.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Staton, M. R. 2015. “'Sheart, Man, Pass O’er the History and Commence Thy Fabrication!”: The Two Sot-weed Factors; Their Nation, Its Humor, History, and Identity. Diakses 11 April 2018 dari http://libres.uncg.edu/ir .

Syah, M. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada (Rajawali Pers).

Taradipa, R., & Sumaryati, S. 2013. Pengaruh Kombinasi Media Pembelajaran terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Akuntansi. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 245-253.

Walsh, G., Sproule, L., McGuinness, C., & Trew, K. 2011. Playful structure: a novel image of early years pedagogy for primary school classrooms. Early Years, 31(2), 107–119.

Yuli, S. 2016. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Selera Humor Guru dan motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas xi IPS SMA NEGERI11 PURWOREJO Tahun Ajaran 2015/2016 (sarjana).Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/30715/1/SKRIPSI.pdf.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27828

Article Metrics

Abstract view : 490 times
PDF - 395 times

Copyright (c) 2021 Mamang Efendy, Amanda Pasca Rini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.