Peran Efikasi Diri terhadap Beban Kognitif dan Stress Akademik Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap beban kognitif dan stress akademik mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi. Perubahan sistem pembelajaran saat pandemi memiliki dampak terhadap beban kognitif dan stress akademik mahasiswa dan peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap beban kognitif dan stress akademik. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah Mahasiswa dari 5 Perguruan Tinggi yang ada di kota Langsa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan meminta mahasiswa mengisi angket berupa tiga skala, yakni skala beban kognitif, skala stress akademik, dan skala efikasi diri melalui media Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. efikasi diri memiliki peran yang signifikan terhadap beban kognitif mahasiswa dan tingkat stress akademik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy In Changing Societies. In 2017 12th International Conference on Ecological Vehicles and Renewable Energies, EVER 2017. https://doi.org/10.1109/EVER.2017.7935960
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800
Brünken, R., Plass, J. L., & Moreno, R. (2010). Current issues and open questions in cognitive load research. Cognitive Load Theory, (May), 253–272. https://doi.org/10.1017/CBO9780511844744.014
Cooper, G. (1990). Cognitive load theory as an aid for instructional design. Australasian Journal of Educational Technology, 6(2). https://doi.org/10.14742/ajet.2322
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454
Pekrun, R., Goetz, T., Frenzel, A. C., Barchfeld, P., & Perry, R. P. (2011). Measuring emotions in students’ learning and performance: The Achievement Emotions Questionnaire (AEQ). Contemporary Educational Psychology, 36(1), 36–48. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2010.10.002
Pramesta, D. K., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.
Putwain, D., Sander, P., & Larkin, D. (2013). Academic self-efficacy in study-related skills and behaviours: Relations with learning-related emotions and academic success. British Journal of Educational Psychology, 83(4), 633–650. https://doi.org/10.1111/j.2044-8279.2012.02084.x
Sweller, J. (2020). Cognitive load theory and educational technology. Educational Technology Research and Development, 68(1). https://doi.org/10.1007/s11423-019-09701-3
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30433
Article Metrics
Abstract view : 493 timesPDF - 315 times
Copyright (c) 2021 Farahdiba Thahura, Zakia Tutdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.