Peran Efikasi Diri terhadap Beban Kognitif dan Stress Akademik Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Farahdiba Thahura, Zakia Tutdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap beban kognitif dan stress akademik mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi. Perubahan sistem pembelajaran saat pandemi memiliki dampak terhadap beban kognitif dan stress akademik mahasiswa dan peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap beban kognitif dan stress akademik. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah Mahasiswa dari 5  Perguruan Tinggi yang ada di kota Langsa. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan meminta mahasiswa mengisi angket berupa tiga skala, yakni skala beban kognitif, skala stress akademik, dan skala efikasi diri melalui media Google Form. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa. efikasi diri memiliki peran yang signifikan  terhadap beban kognitif mahasiswa dan tingkat stress akademik.

 


Keywords


Kata Kunci:beban kognitif, stress akademik, efikasi diri

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1997). Self-Efficacy In Changing Societies. In 2017 12th International Conference on Ecological Vehicles and Renewable Energies, EVER 2017. https://doi.org/10.1109/EVER.2017.7935960

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Brünken, R., Plass, J. L., & Moreno, R. (2010). Current issues and open questions in cognitive load research. Cognitive Load Theory, (May), 253–272. https://doi.org/10.1017/CBO9780511844744.014

Cooper, G. (1990). Cognitive load theory as an aid for instructional design. Australasian Journal of Educational Technology, 6(2). https://doi.org/10.14742/ajet.2322

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454

Pekrun, R., Goetz, T., Frenzel, A. C., Barchfeld, P., & Perry, R. P. (2011). Measuring emotions in students’ learning and performance: The Achievement Emotions Questionnaire (AEQ). Contemporary Educational Psychology, 36(1), 36–48. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2010.10.002

Pramesta, D. K., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(7), 23–33.

Putwain, D., Sander, P., & Larkin, D. (2013). Academic self-efficacy in study-related skills and behaviours: Relations with learning-related emotions and academic success. British Journal of Educational Psychology, 83(4), 633–650. https://doi.org/10.1111/j.2044-8279.2012.02084.x

Sweller, J. (2020). Cognitive load theory and educational technology. Educational Technology Research and Development, 68(1). https://doi.org/10.1007/s11423-019-09701-3




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30433

Article Metrics

Abstract view : 407 times
PDF - 271 times

Copyright (c) 2021 Farahdiba Thahura, Zakia Tutdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.