Hubungan Strategi Pembelajaran Peer Teaching Dan Self Esteem Dengan Motivasi Belajar (Studi Kasus Pada Siswa SMK Boedi Oetomo Pontianak)

Nur Kur'ani, Tuti Fuji Lestari

Abstract


Tugas guru yang pertama dan terpenting dalam proses belajar mengajar adalah membangun motivasi belajar siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan guru dalam membangun motivasi belajar siswa yaitu  strategi pembelajaran peer teaching. Selain itu self esteem pada diri siswa juga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara strategi pembelajaran peer teaching dan self esteem dengan motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMK  Boedi Uetomo Pontianak. Jumlah responden yang diteliti sebanyak  24 orang siswa yang terdiri dari satu (1) kelas dan hanya memiliki satu jurusan yaitu administrasi perkantoran. Penentuan jumlah sampel yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode sensus. Hal ini sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil yaitu kurang dari 30 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik non probably sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara strategi pembelajaran peer teaching dan self esteem dengan motivasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar R= 0,509 dengan (p)=0,000 (p<0,01) dan sumbangan efektif sebesar 25,9% yang berarti sumbangan pengaruh variabel strategi pembelajaran peer teaching dan self esteem terhadap motivasi belajar sebesar 25,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain

Keywords


Peer teaching, Self-Esteem, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Fitriyah, P. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Baru Jepara. Skripsi (diterbitkan) Yogyakarta. Fakultas Sains dan Teknologi.

Gross, Ricard. 2013. Psychology The Science Of Mind and Behaviour. Edisi Ke Enam. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Hamka, Siregar. 2014. Hubungan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya dan Media Audio Visual dengan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan Tembung. Tesis (diterbitkan). Fakultas PAI.

Khoirudin, A. 2017. Hubungan antara Self-Esteem dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas IX SMP PGRI 2 Sukadana Tahun Akademik 2017/2018. Tesis (diterbitkan). Metro. Fakultas PAI.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi Ke Enam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Priyatno, Dwi. 2018. SPSS Panduan Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: Andi

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sarwono, S,W & Eko A, M. 2018. Psikologi Sosial Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Uno, B. H. (2007) Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sriati, A. 2008. Harga Diri Remaja. Jatinangor. Universitas Padjadjaran.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30434

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 195 times

Copyright (c) 2021 Nur Kur'ani, Tuti Fuji Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.