Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar

Nur Kur'ani

Abstract


Motivasi belajar dalam diri siswa mempunyai peran penting dalam menjalani proses pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dan efikasi diri dengan motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan yaitu 1) Ada hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar; 2) Ada hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar; 3. Ada hubungan antara interaksi teman sebaya dan efikasi diri dengan motivasi belajar. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP N 16 Pontianak. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 30 siswa diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar; 2. Ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar; 3. Ada hubungan  antara interaksi teman sebaya dan Efikasi diri dengan motivasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,125. Nilai ini mengandung arti bahwa interaksi teman sebaya dan efikasi diri dan motivasi belajar berkontribusi pada penelitian ini sebesar 12.5% dan sisanya sebesar 87.5% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama interaksi teman sebaya dan efikasi diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar sehingga motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan meningkatkan interaksi teman sebaya dan efikasi diri

Keywords


Interaksi; Efikasi; Motivasi

Full Text:

PDF

References


Anggun, P.D & Yovitha, Y, D.M. 2021. Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol.5 No. 163-167

Bandura, A. 1997. Self-Efficacy Toward A Unfying Theory of Behavioral Psychology. Review.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, S.B. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ellis, O.J. 2008. Psikologi Pendidikan: Membantu siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Heni, I. W. 2018. Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X dan XI IIS di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi (diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sanata Dharma.

Monica & Adman. 2017. Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Vol 2 No.2 hal 219-226.

Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Priyatno. 2018. SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Syafi’I, M & Ummi, M. 2018. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar santri. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 2 No.1

Santrock, W. J. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Erlangga: Jakarta

Winkel, WS. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30435

Article Metrics

Abstract view : 502 times
PDF - 375 times

Copyright (c) 2021 Nur Kur'ani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor slot