Efektivitas Teknik Modeling Konseling Kelompok untuk Perilaku Moral, Karakter dan Rasa Hormat Siswa terhadap Guru

Riszky Ramadhan, Risna Hayati

Abstract


Kekerasan dan tindakan anarkis, pencurian, tindakan curang, pengabaian terhadap aturan yang berlaku, tawuran antar peserta didik, ketidaktoleranan, penggunaan bahasa yang tidak baik, perilaku bebas, dan sikap perusakan diri merupakan bentuk-bentuk dari bergesernya perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan konseling kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan perilaku moral, karakter dan rasa hormat siswa terhadap guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat quasi eksperimental design dengan jenis One-group pretest- posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Ishlah Pontianak yang berjumlah 70 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala karakter dan rasa hormat serta data dari hasil konseling kelompok dengan menggunakan Teknik modeling untuk meningkatkan perilaku moral. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test melalui bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan Teknik modeling lebih efektif untuk meningkatkan perilaku moral, karakter dan rasa hormat siswa pada guru. Hasil ini dapat dilihat dari nilai Z yang diperoleh sebesar -2,810 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya konseling kelompok dengan Teknik modeling.


Keywords


Perilaku Moral, Karakter, Rasa Hormat, Konseling Kelompok, Teknik Modeling

Full Text:

PDF

References


Feist, Jess. (2008). Theories of Personality. Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Henslin, J. M. (2007). Sosiologi dengan Pendekatan Membumi Edisi 6. (Sunarto, K. Terj) Jakarta: Erlangga

Latipun, 2002. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press

Mu’in, Fatchul. (2011). Pendidikan Karakter. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media

Nurihsan, Juntika. (2006). Bimbingan & Konseling. Bandung; PT Refika Aditama.

Santrock. (2003). Adolesence, 6th edition (edisi terjemah: Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.

Supranto, J. 1989. Statistik. Teori dan aplikasi. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Wulansari, C. D. (2009). Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung: Refika Aditama

https://news.detik.com/berita/d-3845912/cerita-siswa-aniaya-guru-di-sampang-hingga-meninggal-dunia

http://www.tribunnews.com/regional/2018/03/08/murid-aniaya-guru-di-pontianak-dipukul-pakai-kursi-plastik-dan-dilempar-ponsel




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30441

Article Metrics

Abstract view : 344 times
PDF - 261 times

Copyright (c) 2021 Riszky Ramadhan, Risna Hayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.