Efektivitas Teknik Modeling Konseling Kelompok untuk Perilaku Moral, Karakter dan Rasa Hormat Siswa terhadap Guru
Abstract
Kekerasan dan tindakan anarkis, pencurian, tindakan curang, pengabaian terhadap aturan yang berlaku, tawuran antar peserta didik, ketidaktoleranan, penggunaan bahasa yang tidak baik, perilaku bebas, dan sikap perusakan diri merupakan bentuk-bentuk dari bergesernya perilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan konseling kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan perilaku moral, karakter dan rasa hormat siswa terhadap guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat quasi eksperimental design dengan jenis One-group pretest- posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Ishlah Pontianak yang berjumlah 70 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala karakter dan rasa hormat serta data dari hasil konseling kelompok dengan menggunakan Teknik modeling untuk meningkatkan perilaku moral. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test melalui bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan Teknik modeling lebih efektif untuk meningkatkan perilaku moral, karakter dan rasa hormat siswa pada guru. Hasil ini dapat dilihat dari nilai Z yang diperoleh sebesar -2,810 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya konseling kelompok dengan Teknik modeling.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Feist, Jess. (2008). Theories of Personality. Yogyakarta; Pustaka Pelajar
Henslin, J. M. (2007). Sosiologi dengan Pendekatan Membumi Edisi 6. (Sunarto, K. Terj) Jakarta: Erlangga
Latipun, 2002. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press
Mu’in, Fatchul. (2011). Pendidikan Karakter. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media
Nurihsan, Juntika. (2006). Bimbingan & Konseling. Bandung; PT Refika Aditama.
Santrock. (2003). Adolesence, 6th edition (edisi terjemah: Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Supranto, J. 1989. Statistik. Teori dan aplikasi. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.
Wulansari, C. D. (2009). Sosiologi Konsep dan Teori. Bandung: Refika Aditama
https://news.detik.com/berita/d-3845912/cerita-siswa-aniaya-guru-di-sampang-hingga-meninggal-dunia
http://www.tribunnews.com/regional/2018/03/08/murid-aniaya-guru-di-pontianak-dipukul-pakai-kursi-plastik-dan-dilempar-ponsel
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30441
Article Metrics
Abstract view : 387 timesPDF - 296 times
Copyright (c) 2021 Riszky Ramadhan, Risna Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.