KESIAPAN BELAJAR MANDIRI PADA PELAKSANAAN METODE E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MAHASISWA KEDOKTERAN MALAHAYATI ANGKATAN 2019

Sri Maria Puji Lestari, Yesi Nurmalasari, Desi Hermawan, Siti Auliya Rakhma

Abstract


Pemerintah mengeluarkan kebijakan terbaru dibidang pendidikan selama pandemi covid-19, yaitu dengan pembelajaran elektronik. Mahasiswa angkatan 2019 Universitas Malahayati yang menerapkan strategi pembelajaran yaitu Problem Based Learning (PBL), dimana pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Kesiapan belajar mandiri pelaksanaan metode E-learning pada masa COVID-19 Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Alat ukur yang digunakan yaitu Kuesioner Kesiapan Belajar Mandiri dengan Metode E-learning. Hasil penelitian mendapatkan responden penelitian 216 dengan tingkat SDLR dengan metode E-learning terbanyak dengan kategori tinggi berjumlah 119 responden (94,4%) untuk SDLR rendah 7 responden (5,6%).


Keywords


Kesiapan Belajar Mandiri, E-Learning, Mahasiswa Kedokteran

Full Text:

PDF

References


Ambarsarie, R., Erlinawati, N. D. and Triana, D. 2016 ‘Analisis Self Directed Learning Readiness terhadap Prestasi BelajarMahasiswa Semester 2 Tahun Ajaran 2015 / 2016 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu Analysis of Self Directed Learning Readiness on First Year Student Learning Achiev’, Jurnal Kedokteran Unila.

Faizah, S. R. I., Pamungkasari, E. P. and Randita, A. B. T. 2016 ‘Hubungan Antara Self-Directed Learning Readiness (Sdlr) Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret’.

Kemendikbud. 2020 ‘Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia’, Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan.

Konsil Kedokteran Indonesia. 2012. standar pendidikan profesi dokter indonesia konsil kedokteran indonesia. Indonesian Medical Council Jakarta.

Nyambe, H, Harsono, Gandes Retno Rahayu. 2016 ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua, dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL’, Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia; The Indonesian Journal of Medical Education.

Wahyuningsih, D., Sungkono. 2017.’ Peningkatan Interaktivitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Komunikasi Asynchronous di Universitas Negeri Yogyakarta,’Jurnal Universitas Negeri Yogayakarta.

Nur Meity, Titi Savitri Prihatiningsih, Efrayim Suryadi. 2017. ‘Penerapan Self-Directed Learning Melalui Sistem PBL Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Asia: Suatu Kajian Literatur’, Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia.

Samsul Jamal, 2020.’Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan’, Jurnal Nalar Pendidikan.

Subiakto, A. H dan Sri Maria P. L. 2016 'Perbedaan tingkat self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua dan ketiga di fakultas kedokteran universitas malahayati’. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v19i2.30473

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 206 times

Copyright (c) 2021 Sri Maria Puji Lestari, Yesi Nurmalasari, Desi Hermawan, Siti Auliya Rakhma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.