PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI SMK TELKOM 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021.

Ingrid Tobing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecanduan game online dengan komunikasi interpersonal di SMK Telkom 2 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 siswa kelas XI. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner yaitu angket kecanduan game online dan angket komunikasi interpersonal. Pengujian asumsi sebagai persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji linearitas sebagai asumsi dasar. Dalam uji normalitas diketahui hasil yang didapat signifikansi sebesar 0,726 lebih besar dari 0,05 atau 5% yang artinya dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dalam uji linearitas didapatkan nilai signifikansi dari linearitas sebesar 0,066 yaitu lebih besar dari 0,05 atau 5%, dan diperoleh nilai Fhitung adalah 1,82 lebih kecil dari Ftabel1,92, artinya dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antara variabel Kecanduan Game Online (X) dengan variabel Komunikasi Interpersonal (Y). Selanjutnya dilakukan uji dengan analisis regresi sederhana, koefisien determinan dan uji t. Hasil penelitian menjelaskan dalam regresi linier sederhana dapat dilihat nilai koefisien konstata sebesar 87,227 dan koefisien variabel bebasnya sebesar -0,343. Sehingga diperoleh persamaan regresi Y = 87,227 + (-0,343)X. Dalam uji t, didapatkan bahwa thitung>ttabe lyaitu -4,064 > -2,00575 yang artinya variabel Kecanduan Game Online (X) berpengaruh secara negatif terhadap variabel Komunikasi Interpersonal, maka hipotesis adanya pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Komunikasi Interpersonal di SMK Telkom 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 diterima. Pada uji koefisien determinasi didapatkan pengaruh kecanduan game online terhadap komunikasi interpersonal siswa SMK Telkom 2 Medan sebesar 23,8%. Yang artinya adanya Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Komunikasi Interpersonal di SMK Telkom 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.

Keywords


Kecanduan Game Online, Komunikasi Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Adeonalia. 2002. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Semarang: UNIKA Soegijapranata

Agustinus, Nelwan. 2004. Membuat Program Profesional Secara Cepat dengan VB. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Algifari. 2018. Statistika Deskriptif Plus Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Anugrah, Septian. 2019. Pengaruh Kecanduan Game Mobile Legend terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Desa Baja Dolok Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Medan: Universitas Negeri Medan

Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Bodenheimer, Bobby. 1999. Computer Animation and Simulation. Eurographics

Cangara, Hafied. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press

Chaniago, Amran Y. S. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

Chen, C. Y. & Chang, S. L. 2008. An Exploration Of Tendency To Online Game Addiction Due To User’s Liking Of Design Features. Asian Journal of Health and Information Sciences, 3(1-4), 38-51

Detria. 2012. Efektivitas Teknik Manajemen Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Online Game (Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Dianty, Nova. 2012. Dampak Game Online Terhadap Kesehatan Remaja (Studi di Fajar Net Raden Intan Bandar Lampung). Bandar Lampung: Universitas Lampung

Endri, Engga Probi. 2016. Strategi Komunikasi Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat dalam Promosi Program Generasi Berencana (GenRe). Padang: Universitas Andalas

Falamartha, Al Dara. 2012. Pengaruh Game Online Point Blank Terhadap Kemampuan Berbahasa Santun dalam Berkomunikasi antar Sesama Teman di Lingkungan Siswa SMP YP 17 Baradatu Kab. Way Kanan Tahun 2012. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Hanani, Silfia. 2017. Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga

https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI05November2016.pdf diakses 10 Desember 2019

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Penerbit Gunung Samudera

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group

Masya, Hardiyansyah dan Dian Adi Candra. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 153-159




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v17i2.32323

Article Metrics

Abstract view : 691 times
PDF - 1443 times

Copyright (c) 2020 Ingrid Tobing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.