EFEKTIVITAS INTERVENSI KECERDASAN EMOSI UNTUK MENCEGAH PERILAKU AGRESI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NURUL ISLAM KUBU RAYA

Nur Kur'ani

Abstract


Perilaku agresi yang terjadi di sekolah merupakan salah satu masalah yang sangat mendesak untuk diselesaikan. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya perilaku agresi pada siswa di sekolah diperlukan kecerdasan emosi yang baik agar tercipta lingkungan pendidikan yang aman dan kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi kecerdasan emosi untuk mencegah perilaku agresi pada siswa kelas VIII di SMP Nurul Islam Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Mixed-Method. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  di SMP Nurul Islam. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 34 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang merupakan kelompok siswa yang diberi perlakuan dan kelas kontrol yang merupakan kelompok siswa yang tidak diberi perlakuan. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan  intervensi kecerdasan emosi tergolong efektif untuk mencegah perilaku agresi pada siswa kelas VIII di SMP Nurul Islam Kubu Raya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan emosi siswa sesudah mengikuti intervensi kecerdasan emosi.


Keywords


Kecerdasan Emosi, Agresi

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Akses Online. https: //www. Pikiran-Rakyat.com. edisi 31 Desember 2019, di unduh pada tanggal 25 April 2021 Sepanjang 2019 KPAI terima 153 Pengaduan Kekerasan Fisik Terhadap Siswa.

Enung, F. (2010). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Pustaka Setia

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hanurawan, F. (2018). Psikologi Sosial Terapan Untuk Pemecahan Masalah Perilaku Sosial. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Pregiwatiningsih, E. (2013). Pelatihan Kecerdasan Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Remaja. (Tesis diterbitkan). Magister Profesi Psikologi Universitas Muhammadiyah, Malang.

Sarlito, W.S & Eko, A.M. (2018). Psikologi Sosial Edisi 2. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Setiawati, R. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresi Remaja. (Skripsi Diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Subhan. (2018). Psikologi Sosial: Pengantar Dalam Teori dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Sundari. 30 Juli 2012. Sebagian Besar Anak Alami Kekerasan di Sekolah. Jakarta Tempo. Diunduh dari http://www.tempo.com.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wowo, S. K. (2014). BIOPSIKOLOGI: Pembelajaran Perilaku. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v20i1.36279

Article Metrics

Abstract view : 324 times
PDF - 242 times

Copyright (c) 2022 Nur Kur'ani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.