ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR KELOMPOK BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Asih Menanti, Abdul Murad, Rafael Lisinus Ginting

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan adanya data empirik tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB) di dalam kelompok belajar mahasiswa Prodi BK FIP UNIMED, untuk tindakan preventif dan kuratif OCB. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat OCB, OCB-I, dan OCB-O di dalam kelompok belajar pada mahasiswa Prodi BK FIP UNIMED. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat ex post facto. Sampel penelitian berjumlah 192 orang mahasiswa Prodi BK FIP UNIMED, diambil secara total dari populasi yang terdiri dari 97 orang mahasiswa semester IV Tahun Angkatan 2019 dan 95 orang mahasiswa semester VI Tahun Angkatan 2018. Penelitian dan penyususunan laporan dilakukan pada bulan Juni sampai November 2021. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert, dan analisis data menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat OCB di dalam belajar pada mahasiswa Prodi BK FIP UNIMED secara menyeluruh termasuk cukup dengan pencapaian rata-rata 3,40. Tingkat OCB-I di dalam kelompok belajar termasuk cukup dengan pencapaian rata-rata 3,41, dan tingkat OCB-O termasuk cukup dengan pencapaian rata-rata 3,39. Apabila dilihat berdasarkan dimensi-dimensi OCB diketahui bahwa dimensi yang termasuk tinggi adalah pada dimensi conscientiousness dengan pencapaian rata-rata 4,06,  dimensi courtesy dengan pencapaian rata-rata 4,32, dan dimensi cheerleading dengan pencapaian rata-rata 4,13. Dimensi yang termasuk cukup memadai adalah dimensi altruism dengan pencapaian 3,30, sportsmanship dengan pencapaian rata-rata 3,93. Dimensi yang termasuk rendah adalah dimensi civic virtue dengan pencapaian rata-rata 1,64 dan dimensi peacemaking dengan pencapaian rata-rata 2,43

Keywords


OCB, OCB-I, OCB-O, Kelompok Belajar, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Gunawan, R. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap OCB pada First Marchnery Tradeco Cabang Surabaya. AGORA. Volume 4, Nomor 1, 2016. Hlm 60-66. Scholar,google.co.id http://media.neliti.com:media Diakses Tanggal 27 Maret 2020.

Judge, T. A. & Robbins S. P. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kaswan. 2017. Psikologi Industri dan Organisasi: Mengembangkan Perilaku Produktif dan Mewujudkan Kesejahteraan Pegawai di Tempat Kerja. Bandung: Alfabeta.

Luthans, F. 2005. Organizational Behavior. Tenth Edition. Boston: McGraw-Hill

Menanti, A. dan Kawan-Kawan. 2019. Resiliensi Mahasiswa dalam Belajar. Medan: EW Nesia.

Nazmah dan Kawan-Kawan. 2014. Pengaruh Motivasi Kerja dan Keadilan Organisasi terhadap Organizational Citizenship (OCB). Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, Volume 6, Nomor 2, Hlm. 114-123. Medan: Program Pascasarjana Magister Psikologi Universitas Medan Area.

Rino dan Kawan-Kawan. 2020. Perilaku Organisasi: Memahami Perilaku Kewargaan Organisasional untuk Kinerja Unggul. Bandung: Refika.

Utami, S.N.A. 2013. Hubungan antara Resiliensi dengan OCB Karyawan Outsourcing Customer Service Representative (CSR) PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Bandung. Artikel. Diakses Tanggal 3 November 2020.

Wirawan. 2014. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yuniar, I.G.A.Y. dan Nurtjahjanti, H. Rusmawati,D. 2011. Hubungan antara Kepuasan Kerja dan Resiliensi dengan OCB pada Karyawan Kantor Pusat PT BPD Bali. Jurnal Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip (Jurnal Psikologi Undip). Vol 9, No. 1, April 2011. Semarang Undip. Diakses Tanggal 3 November 2020.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v20i1.36280

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF - 127 times

Copyright (c) 2022 Asih Menanti, Abdul Murad, Rafael Lisinus Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.