Peran Kecenderungan Kecanduan Gawai dan Self-Regulated Learning terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMAN X di Kabupaten Badung

Putu Ayu Ratih Pradnyanawati, Desira Swandi Indah Ni Luh

Abstract


Siswa selama mengikuti proses belajar di sekolah mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan tugas akademik dengan tepat waktu, namun masih sering dijumpai siswa lyang melakukan prokrastinasi akademik yang berdampak pada penurunan prestasi akademik. Prokrastinasi akademik yaitu kecenderungan keterlambatan untuk mengawali maupun mengakhiri tugas yang berkaitan dengan bidang akademik. Beberapa hal dapat berperan terhadap prokrastinasi akademik siswa antara lain kecenderungan kecanduan gawai dan self-regulated learning. Tujuan penelitian yaitu mengetahui peran kecenderungan kecanduan gawai dan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademikl siswa SMAN X di Kabupaten Badung yang diambill dengan teknik simple random sampling. Penelitian inii menggunakan metode lkuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 273 siswa SMAN X di Kabupaten Badung. Alat ukur pada penelitian menggunakan Skala Prokrastinasi Akademik, Skalai Kecenderungan Kecanduan Gawai, dan Skala Self-Regulated Learning. Tekniki analisisl data memakai regresi berganda. Uji regresi berganda membuktikan bahwa nilaii koefisieni regresi sebesari 0,185 dan nilaii signifikansii sebesari 0,009 (p<0,05). Nilai koefisien beta terstandarisasi pada variabel kecenderungan kecanduan gawai sebesar 0,134 dan pada variabel self-regulated learning sebesar -0,125. Hasil dari analisis data menyatakan kecenderungan kecanduan gawai dan self-regulated learning secara bersama-samai berperanl terhadap prokrastinasi akademik siswa SMAN X di Kabupaten Badung.


Keywords


Kecenderungan Kecanduan Gawai, Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


Anisa & Ernawati (2018). Pengaruhi prokrastinasi akademik terhadapi hasil belajar biologi siswa sma negeri di kota makassar. Jurnal Biotek, 6(2), 88-95. DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6256.

Astuti, S. R. P. (2020). Kontribusi self control dan prokrastinasi akademik siswa kelas xi di smk isfi banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 3(1).

Azwar, S. (2016). Metode ipenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bali Post. (2018). Sekolah ini raih hasil terbaik un di bali. Diunduh dari http://www.balipost.com/news/2018/05/02/44481/Sekolah-Ini-Raih-Hasil-Terbaik.html tanggal 12 April 2019.

Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). iPeran self-efficacy dan self-control terhadap prokrastinasi akademik pada siswa sma (studi pada siswa sma x tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 159. DOI: 10.24912/jmishumsenv1i2.802.

Fauzi, R. (2016). Melawan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Tirto.id. Diunduh dari https://tirto.id/melawan-kebiasaan-menunda-nunda-pekerjaan-b9YW tanggal 11 April 2019.

Ferrari, J. R. Johnson, J. L. & iMcCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance, theory, research and treatment. New York: Plenum Press.

Field, A. (2009). Discovering statisticsi using spss third edition. london: Sage Publications.

Hurlock, E. (2011). Psikologi perkembangan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Ilyas, M. & Suryadi. (2017). Perilakui prokrastinasi akademik siswa di sma islam terpadu (it) boarding school abu bakar yogyakarta. An-Nida’. 41 (1), 71-82.

Jamil, M. F. (2018). Pengaruhl kontrol diri dan smartphone addict terhadap kecenderungan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang sedang menyelesaikan skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Koranjuri. (2019). Hasil un 2019 sma/man dan smk di bali, berikut peringkatnya. Diakses dari http://koranjuri.com/hasil-un-2019-smaman-dan-smk-di-bali-berikut-peringkatnya tanggal 11 September 2020.

Kwon M, dkk. (2013). Development and validation of a smartphone addiction scale (sas). Plos one. 8(2). DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0083558.

Muflihah, F., & Sholihah, A. (2019). Hubungan antara kecanduan gadget dengan prokrastinasi akademik. Triadik, 18(1).

Pradnyanawati, P. A. R. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi prokrastinasi akademik siswa SMAN X di Kabupaten Badung. (artikel studi pendahuluan tidak dipublikasikan). Program Studil Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali.

Putra, A. A. M. T. A. S., & Rustika, I. M. (2019). Peran kontrol diri dan pola asuh autoritatif terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana. 6(2), 259-260.

Rifa’i. H. R. & Syahrina, I. A. (2019). Hubungan antara self regulated learning dan self compassion dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas xi di man 2 solok. Jurnal Psyche 165 Fakultas Psikologi. 12(2), 134-143.

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas xi sma negeri 2 purwokerto. Empati, 5(1), 44-49.

Schunk, D. H. & Zimmerman, B. J. (1997). Social origins of self-regulatory competence. Educational Psychologist, 32(4), 195-208.

Setiani, N., Santoso, B., & Kurjono. (2018). Self-regulated learning and achievement motivation to student academic procrastination. Manajerial, 4(3).

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: a meta-analytic and theoritical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 1(133).

Tanaya, D. M. (2017). Hubungan smartphone addiction dengan prokrastinasi akademik pada siswa/siswi pengguna smartphone di sma n 105 jakarta (naskah telah dipublikasikan). Universitas Kristen Satya Wacana.

Ulum, M. I. (2016). Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 153-170.

Umma, N. l. (2019). Perubahan perilaku remaja pasca berdirinya warung kopi wifi. Skripsi. Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Yuwanto, l. (2010). Mobile phone addict. Yogyakarta: Putra Media Nusantara.

Zimmerman, B. J. (1989). Models of self-regulated learning and academic achievement. in b. j. zimmerman & d. h. schunk (eds.), self-regulated learning and academic achievement: theory, research, and practice. New York: Springer.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v20i1.36766

Article Metrics

Abstract view : 336 times
PDF - 256 times

Copyright (c) 2022 Putu Ayu Ratih Pradnyanawati, Desira Swandi Indah Ni Luh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.