Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Kematangan Karier Siswa SMA Kelas XII di Denpasar

Muhammad Faturrahmansyah, Luh Kadek Pande Ary Susilawati

Abstract


Kematangan karier merupakan suatu bentuk keberhasilan yang didapatkan indvidu ketika dapat menyelesaikan tugas perkembangan karier yang khas pada tiap fase perkembangan. Kematangan karier dapat dipengaruhi oleh faktor internal yaitu efikasi diri dan faktor eksternal yaitu dukungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri dan dukungan sosial terhadap kematangan karier siswa SMA kelas XII di Denpasar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA kelas XII di Denpasar sebanyak 120 siswa yang dipilih melalui multi-stage cluster sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kematangan karier, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,637 dan koefisien determinasi sebesar 0,406 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai koefisien beta terstandarisasi pada variabel efikasi diri sebesar 0,552 dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dan dukungan sosial sebesar 0,189 dengan signifikansi sebesar 0,013 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial secara bersama-sama berperan meningkatkan kematangan karier pada siswa SMA kelas XII di Denpasar.


Keywords


Efikasi Diri, Dukungan Sosial, Kematangan Karier, Siswa SMA kelas XII

Full Text:

PDF

References


Ariana, D. R. (2018) Hubungan efikasi diri karir dengan kematangan karier pada siswa kelas XII SMKN 2 Jepara. Jurnal Psikologi Perseptual. 1(3), 7-21. http://dx.doi.org/10 .24176/perseptual. v3i1.2240.

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas (Edisi 4.). Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.

Faturrahmansyah, M. (2020). Studi pendahuluan: Kematangan karier pada siswa SMA kelas XII di Denpasar. Tidak dipublikasikan

Haber, D. (2010). Health Promotion and Aging: Practical Applications for Health ,Professionals, Fifth Edition. Springer Publishing Company.

Hamzah, A. (2019). Kematangan Karier Teori dan Pengukurannya. Literasi Nusantara.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenamedia Group.

Kemendikbud. (2017). Undang-Undang No.23 Tahun 2003. http://simkeu.kemdikbud.go.id /index.php/peraturan1/8-uu-undang undang /12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem- pendidikan-nasional

Monks, F., Knoers, A., & Haditono, S. R. (2014). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Gadjah Mada University Press.

Patton, W., & Creed, P. A. (2003). Predicting two components of career maturity in school based adolescent. Journal of Career Development, 13(1), 1-14. https://doi.org/10.1023/A:1022943613644.

Putri, N. (2018, April 14). Youthmanual: Angka Siswa yang Salah Pilih Jurusan Masih Tinggi. Skystarventures. Skystar Ventures. http://www.skystarventures.com/youthmanual-angka-siswa-yang-salah-pilih-jurusan-masih-tinggi/.

Rahman, A. (2017, Mei 8). 56% mahasiswa salah Jurusan dan 90% diantaranya karena permintaan orang tua. Lestari Media. https://lestarimedia.id/56-mahasiswa-salah-jurusan-dan-90-diantaranya-karena-permintaan-orang-tua/.

Saifuddin A. (2018). Kematangan Karier: Teori dan strategi memilih jurusan dan merencanakan karier. Pustaka Pelajar.

Sanderson, C. A. (2012). Health psychology (2nd ed.). NJ: John Wiley & Sons.

Santoso, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Prestasi Pustaka.

Santrock, J. W. (2013). Adolescence.Mcgraw Hill.

Sarafino, E. P. (2006). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions (5th ed). John Wiley & Sons, Inc.

Sarwono, S., W. 2012. Psikologi Remaja. PT. Raja Grafindo Persada.

Seligman, L. (1994). Developmental career counseling and assessment. Sage Publication.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial (Edisi 12). Kencana Prenada Media Group.

Yusanti G. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan kematangan karier pada siswa SMA di Kota Bogor. (Doctoral dissertation, Universitas Bina Nusantara).




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v20i1.37757

Article Metrics

Abstract view : 531 times
PDF - 305 times

Copyright (c) 2022 Muhammad Faturrahmansyah, Luh Kadek Pande Ary Susilawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.