PERBEDAAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN EFIKASI DIRI PADA SISWA SMA KOTA MEDAN

Desvi Yanti Mukhtar, Fasti Rola

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan ketidakjujuran akademik berdasarkan jenis kelamin dan efikasi diri pada siswa SMA Kota Medan. Ketidakjujuran akademik adalah suatu tindakan atau perbuatan melanggar aturan atau tidak sah yang dilakukan oleh siswa dalam bentuk menyontek, kolaborasi tidak sah, dan plagiarism di lingkungan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan melibatklan 385 siswa pada salah satu SMA di Kota Medan. Pengumpulan data menggunakan Skala Ketidakjujuran Akademik yang disusun oleh Ampuni dkk (2019) dan Skala Efikasi Diri disusun oleh Sofia (2020). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis komparatif dengan menggunakan uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan ketidakjujuran akademik pada siswa laki-laki maupun perempuan (F=0.002 dan p>.05), (2) terdapat perbedaan ketidakjujuran akademik berdasarkan efikasi diri yakni semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki siswa maka semakin rendah ketidakjujuran akademik (F=8.079 dan p<.05).


Keywords


Ketidakjujuran Akademik, Jenis Kelamin, Efikasi Diri

Full Text:

PDF

References


Ampuni, S., Kautsari, N., Maharani, M., & Buwono, S. B. (2019). Academic Dishonesty in Indonesian College Students: an Investigation from a Moral Psychology Perspective. Journal of Academic Ethics, https://doi.org/10.1007/s10805-019-09352-2.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Cakrawardana, M. A. (2019). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Perceived Beharioral Control, Peer Pressure, Moral Obligation, dan Faktor Demografis terhadap Intensi Ketidakjujuran Akademik. Jakarta: Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah. Skripsi.

Finn, K., & Frone, M. (2004). Academic performance and cheating: Moderating role of school identification and self-efficacy. The Journal of Educational Research, 115-122.

Gitanjali, B. (2004). Academic dishonesty in Indian medical colleges. Journal of Postgraduate Medicine, 50(4), 281–4.

Hassnah, F. (2016). Pengaruh Kejujuran, Konformitas, dan Jenis Kelamin terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa (Academic Dishonesty) pada Perguruan Tinggi Umum dan Berbasis Agama di Kota Malang dengan Persepsi Religiusitas sebagai Variabel Moderat. Semantic Scholar. Corpus ID: 149124139.

Herdian, Wulandari, D. A., & Istianah. (2019). Apakah Demografi Memprediksi Ketidakjujuran Akademik? Indonesian Journal of Islamic Psychology, Volume 1. Number 1, Juni 2019. (p-ISSN: 2685-1482).

Jendra, A. F., & Sugiyo. (2020). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kecemasan Presentasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 138-159.

Jones, D. L. (2011). Academic dishonesty: Are more students cheating? Business Communication Quarterly, 141-150. http://dx.doi.org/10.1177/1080569911404059.

Mahmudi, M. H., & Suroso. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri dalam Belajar. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 183-194.

McCabe, D. L., & Trevino, L. K. (1993). Academic Dishonesty: Honor Codes and Other Contextual Influences. The Journal of Higher Education, 522-538.

McCabe, D. L., & Trevino, L. K. (1997). ). Individual and Contextual Influences on Academic Dishonesty: A Multicampus Investi¬gation. Research in Higher Education, 379-396.

Mushthofa, Z., Rusilowati, A., Sulhadi, Marwoto, P., & Mindiyarto, B. N. (2021). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dalam Pelaksanaan Ujian di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 446-452.

NEWIndonesia. (2010). Pusat Data Kurikulum Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025. Retrieved 1 24, 2022, from New Indonesia: http://new-indonesia.org/beranda/pusat-data/kurikulum/326-kebijakan-nasional-pembangunan-karakter-bangsa-tahun-2010-2025.html

Olafson, L., Schraw, G., Nadelson, L., Nadelson, S., & Kehrwald, N. (2013). Exploring the judgment–action gap: College students and academic dishonesty. Ethics & Behavior, 148–162. http://dx.doi.org/10.1353/csd.2014.0066.

Santrock, J. W. (2010). Adolescence, 13th ed. USA: McGraw Hill.

Setiawan, I. B. (2016). Perbedaan Kecurangan Akademik Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi.

Sofia, M. (2020). Peranan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap School Well-Being Pada Peserta Didik Pesantren Terpadu Di Kota Tapaktuan. Medan: Tesis.

Whitley, J. B., & Keith-Spiegel, P. (2002). Academic Dishonesty: An Educator's Guide. United States of America: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2.41105

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 293 times

Copyright (c) 2022 Desvi Yanti Mukhtar, Fasti Rola

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.