HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP INTERAKSI GURU-SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR

Nur Kur’ani

Abstract


Keberhasilan siswa tidak akan lepas dari pendidikan yang diperolehnya. Namun untuk mencapai keberhasilan, siswa harus menerapkan perilaku disiplin dengan mematuhi dan mentaati norma peraturan yang berlaku disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap interaksi guru-siswa dan motivasi belajar dengan disiplin belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan populasi 60 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Pontianak. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Ada hubungan positif antara persepsi siswa terhadap interaksi guru-siswa dengan disiplin belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 61,6% ;2) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan disiplin belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 83,8%;3) secara bersama-sama ada hubungan antara persepsi siswa terhadap interaksi guru-siswa dan motivasi belajar dengan disiplin belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 85,3%. Hal ini mengandung pengertian siswa yang yang memiliki persepsi yang positif terhadap interaksi guru-siswa dan memiliki motivasi belajar yang tinggi akan memiliki disiplin belajar yang tinggi. Persepsi siswa terhadap interaksi guru-siswa dan motivasi belajar berpengaruh pada disiplin belajar sebesar 72,8% sisanya 27,2% dipengaruhi oleh faktor lain. berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan secara bersama-sama persepsi siswa terhadap interaksi guru-siswa dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar sehingga disiplin belajar dapat ditingkatkan dengan meningkatkan persepsi siswa terhadap interaksi guru-siswa dan motivasi belajar.


Keywords


interaksi; motivasi belajar; disiplin belajar

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK NU 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi (diterbitkan). Semarang: Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Semarang.

Dakhi, A.S. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Djamarah, S.B. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Gordon, T. 1990. Guru yang Efektif. Cet.3 Jakarta Utara: PT. Raja Grafindo Persada.

Jaya, T.P & Suharso. 2018. Persepsi Siswa Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal Of Guidance and Counseling. Vol. 7 No.3 hal 30-35.

Putra, B.A., Waskito, Mulianti, Rifelino. 2021. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru PPLK dengan Disiplin Belajar Kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. VOMEK. Vol.3 No.1

Putera, R. 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Palembang. Skripsi (diterbitkan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sriwijaya.

Prijodarminto, S. 1993. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT. Pradnya Paramita

Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sani, R.A. 2019. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Slameto. 2021. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suharso & Ana, R. 2009. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Semarang: Widya Karya.

Soetjiningsih, C.H. 2012. Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Tulus, T. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: IT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Uno, B. H. 2019. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2.41110

Article Metrics

Abstract view : 367 times
PDF - 194 times

Copyright (c) 2022 Nur Kur’ani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.