EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF-DETERMINATION UNTUK MENINGKATKAN STUDENT ENGAGEMENT PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X, SURABAYA

Barbara A Nathania

Abstract


Permasalahan ditemukan pada sekelompok mahasiswa anggota ORMAWA BEM dan SLM pada Universitas X melalui proses observasi, dan wawancara pada Rektorat Kemahasiswaan, Koordinator Badan Administrasi Kemahasiswaan, serta beberapa pengurus inti dari ORMAWA. Hasil wawancara menyatakan bahwa mahasiswa kurang memiliki keterlibatan dalam kegiatan akademik maupun non-akademik di perkuliahan, mahasiswa cenderung mengikuti kegiatan sekedar untuk memenuhi kewajiban agar segera lulus tanpa memiliki keinginan maupun kesadaran untuk terlibat. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa cenderung bersikap pasif dan sulit untuk mengutarakan ide-ide dalam prosesnya. Padahal organisasi berharap agar mahasiswa yang terlibat di dalamnya dapat lebih aktif terlibat dan beraspirasi dalam kegiatan agar dapat mengambangkan kelompok. Karena adanya kesenjangan (gap) antara harapan dan kenyataan, maka diadakanlah pelatihan Self Determination yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa / Student Engagement. Secara Keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan terkait materi pelatihan, serta terdapat perubahan attitude pada aspek keterlibatan emosional (emotional engagement) yang tampak dari hasil test selama pelatihan berlangsung, dan peningkatan skor skala student engagement pada peserta.


Keywords


self-determination, keterlibatan belajar, mahasiswa,

Full Text:

PDF

References


Auerbach, C., & Silberman, M. (2006). Active Training. Third edition. USA: Pfeiffer.

Dincer, A., Yeşilyurt, S., Noels, K. A., & Lascano, D. I. V. (2019). Self-determination and classroom engagement of efl learners: A mixed-methods study of the self-system model of motivational development. Sage Open, 9 (2), 1-15.

Gagne, M. (2003). The Role of Autonomy Support and Autonomy Orientation in Prosocial Behavior Engagement. Motivation and Emotion, Vol. 27, No. 3, p.g. 199-223.

Kengatharan, N. 2019. The Effects of Teacher Autonomy, Student Behavior, and Student Engagement on Teacher Job Satisfaction. Educational Eciences: Theory and Practices. Vol. 20, No.4, pg. 1-15.

Lawson, K. (2016). The Trainer’s Handbook. Fourth edition. San Fransisco: Pfeiffer.

Lee, S. (2014). The relationship between student engagement and academic performance. The Journal of Educational Research, 107 (3), 177-185.

Reeve, J., Jang, H., Carrell, D., Jeon, S., & Barch, J. (2004). Enhancing students’ engagement by increasing teachers’ autonomy support. Motivation and Emotion, 28 (2), 147-169.

Ryan & Deci (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology Vol 25, p.g 54-67.

Santrock, J. W. (2002). Life-span development: Perkembangan masa hidup. Edisi kelima, jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2011). Life-span development. Thirteenth Edition. New York: McGraw Hill

Shorgen, K, et.al. (2008). Understanding the Construct of Self-Determination: Examining the Relationship Between the Arc’s Self-Determination Scale and the AIR Self-Determination Scale.

Wang et.al, 2017. Teacher’s Autonomy Support and Engagement in Math: Multiple Mediating Role of Self Efficacy, Intrinsic Value and Boredom. Frontiers in Psychology Vol.8, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v21i2.41120

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 198 times

Copyright (c) 2022 Barbara A Nathania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.