PERAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP STRES AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER AKHIR PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

I Gusti Agung Ayu Istri Indira Daneswari, Aria Saloka Immanuel

Abstract


Stres akademik diartikan sebagai kondisi individu yang mengalami tekanan yang ditimbulkan oleh adanya tuntutan akademik. Ketika mengalami stres akademik mahasiswa mencari dukungan sosial teman sebaya. Selain itu, keyakinan terhadap kemampuan diri yang dimiliki individu juga menjadi aspek penting dalam mengahadapi stres. Keyakinan terhadap kemampuan diri atau efikasi diri mendorong individu untuk percaya diri dalam menghadapi situasi sulit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa semester akhir Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala, yaitu skala dukungan sosial teman sebaya, skala efikasi diri, dan skala stres akademik. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 146 orang dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien sebesar 0,102. Hal tersebut mengungkapkan bahwa dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri berperan sebesar 10% terhadap stres akademik.


Keywords


Dukungan Sosial Teman Sebaya; Efikasi Diri; Mahasiswa Kedokteran; Stres Akademik

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. (2019). Hubungan antara emotional well being dengan stres akademik pada Mahasiswa Kebidanan (Doctoral dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya).

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(1), 40-47.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi; edisi 2. Yogyakart: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Pustaka Belajar.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.

Baseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan. (Universitas Negeri Padang).

Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Similiaruty artikel: Career Self-Efficacy Dan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Psikologi Integratif, 5(2), 128-141.

Bunda, N. P. (2018). Pengaruh kelekatan terhadap stres pada mahasiswa semester akhir (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Cassidy S (2015) Resilience Building in Students: The Role of Academic Self-Efficacy. Frontiers in Psychology, 6:1781. doi: 10.3389/fpsyg.2015.01781.

Cohen, S. & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, Vol. 98 (2), 310-357.USA: American Psychological Association, Inc.

Collins, S. (2007). Staturory socia worker : stres, job satisfaction, coping, social support and individual differencees. British Journal of Social Work, 3(8).

Daneswari, I. I. (2022). Studi pendahuluan: Gambaran stres akademik, dukungan sosial teman sebaya, dan efikasi diri mahasiswa semester akhir Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Denpasar. Tidak dipublikasikan.

Daulay, A. R. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Universitas Islam Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Dimala, C. P., & Rohayati, N. (2019). Kontribusi Academic Burnout Dan Dukungan Sosial Terhadap Academic Engagement Pada Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Psychopedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 4(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/psikologi.v4i2.83.

Patnistik, E. (2013). Banyak Dokter dan Mahasiswa Kedokteran Alami Stres.Kompas.https://internasional.kompas.com/read/2013/10/08/0804289/Banyak.Dokter.dan.Mahasiswa.Kedokteran.Alami.Stres.

Ernita, K. J. (2021). Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Perantau. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Fakhrurrozi, M. M. (2020). Efikasi diri akademik dan resiliensi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 16(2), 175-187.

Faqih. M. F. 2020. Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa malang yang bekerja. Universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.

Feist, J. & Feist, G.J. (2013). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Fitriani, W., Asmita, W., Hardi, E., Silvianetri, S., & David, D. (2022). Kuliah Daring: Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa dan Faktor yang Mempengaruhinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 147-176.

Friedman, B. & Jone. (2008). Keperawatan Jiwa, Jakarta : EGC http://books.google.co.id/books.

Gibson. J. L. dkk. (1996). Organisasi: perilaku, struktur, proses. Edisi ke-8. Jakarta: Binarupa Aksara

Govaerst, S. & Gregoire, J. (2004). Stressful Academic Situations: Study on Appraisil Variables in Adolescence. British Journal of Clinical Psychology, 54, 261-271.

Hanum, L. (2012). Hubungan Antara Harapan Orang Tua Dan Keyakinan Diri Dengan Stres Akademik Siswa Kelas Unggulan. Jurnal Psikologi. Vol 4, No 14.

Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang berkuliah dengan Jurusan pilihan orang tua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa.

Hayati, N., & Tatiyani, T. (2022). Hubungan Antara Self Effikasi Dan Dukungan Sosial Dengan Stress Akademik Pada Pembelajaran Daring Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YAI Angkatan 2019. Psikologi Kreatif Inovatif, 2(3), 85-92.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 73-80.

Hurlock, E.B. (2006). Psikologi perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Hmku FK Unud. (2014). Tembok tinggi, bayar hutang yang terlupakan. sudah siapkah anda?hmku.fkunud.com/tembok-tinggi-bayar-hutang-yang-terlupakan-sudah-siapkah-anda-2/.

Houri, H. N., Jomaa, S., Arrouk, D. M. N., Nassif, T., Al, M. J & Latifeh, Y. (2023). The prevalence of stress among medical students in Syria and its association with social support: a cross-sectional study. BMC psychiatry, 23(1), 1-13.

Indriani, E. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Pada Siswa SMA di Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Jamilah, U. (2019). Stres Akademik pada Mahasiswa di Fakultas Keperawatan USU.

Jannah, S. M (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Akibat COVID-19. Jurnal EMPATI, 10(4), 255-259. https://doi.org/10.14710/empati.2021.32580.

Karlingger, F.N. (2006). Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: UGM Press.

Khaq, A. A. et al. (2015). Analisis hubungan antara efikasi diri pada stres melalui dukungan sosial sebagai variabel moderasi (studi pada mahasiswa Unnes Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Kirsh, S., Duffy, K., & Atwater, E. (2014). Psychology for living. Pearson.

Lubis, B. S. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi dalam Menyelesaikan Skripsi di Universitas Medan Area.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi Covid 19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 31.

Mahmudi, M.H., & Suroso. 2014. Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona, jurnal psikologi indonesia, vol.3 no.2. Surabaya:Universitas 17 Agustus Surabaya.

Majrika, R. Y. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada remaja sma di sma yogyakarta. universitas islam indonesia yogyakarta.

Marliani, R. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung, CV Pustaka Setia.

Maulia, F. A. (2019). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Toleransi Stres Akademik pada Mahasiswa Psikologi UNNES. Universitas Negeri Semarang.

Maulida, T. R., Karimah, A., Lestari, P., & Rochmanti, M. (2020). Depression, anxiety, and stress among medical students in the faculty of medicine Universitas Airlangga year batch 2016, 2017, and 2018. Indian Journal of Public Health Research & Development, 11(12), 223-230.

McLean, L., Gaul, D., & Penco, R. (2022). Perceived social support and stress: a study of 1st year students in Ireland. International Journal of Mental Health and Addiction, 1-21.

Ormrod, J.E. (2009). Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Palangda, L., Mandey, L. J., Mamuaya, M. P., Ponamon, J. F., Monoarfa, H., & Jacobus, S. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Siswa Di Smk 1 Tana Toraja. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8655-8662.

Palant, A., & Himmel, W. (2019). Are there also negative effects of social support? A qualitative study of patients with inflammatory bowel disease. BMJ open, 9(1), e022642.

Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Asyik Mudah & Bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pratama, M. R. (2014). Hubungan motivasi akademi dengan tingkat Stres akademi mahasiswa keperawatan semester VI Stikes’Aisyiyah Yogyakarta. 1–16.

Pratiwi, P. K. (2015). Hubungan Penerapan Jam Pelajaran Sistem Blok dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Siswa Kelas X SMKN 1 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta.

Priyono, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum.

Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Purwati, S. (2012). Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Universitas Indonesia.

Purwanto, E. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahadiansyah, M. R., & Chusairi, A. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Tingkat Stres Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi. Buletin Penelitian Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1290-1297.

Rahman, Y. N. (2013). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan efikasi diri akademik siswa Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from eprints.uny.ac.id/id/eprint/15734.

Rihartini, R. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Santri di Pesantren As-Sa’adah Terboyo Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 1(1).

Risma, D. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan: Penelitian eksperimen. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 1(1), 86-97.

Risma, G. B. (2015). Kecemasan dalam Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Jurnal Agromedicine, 2(4), 419-424.

Rizqi, F. D. N., & Ediati, A. (2020). Dukungan Sosial Keluarga Dan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Empati, 8(4), 725-730.

Safitri, I. N. (2018). Peer Group Support Dengan Perilaku Memilih Jajanan Pada Anak Usia Sekolah (Studi pada Anak Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngoro Jombang) (Doctoral dissertation, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang).

Salam, A. (2019). Hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan stres akademik pada siswa. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 325-342.

Santo, A. T., & Alfian, I. N. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dan Kecemasan dalam Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Akhir. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1), 370-378.

Santoso. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga

Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development : Perkembangan Masa Hidup, Edisi Ketigabelas jilid 2 (Widyasinta, penerjemah). Jakarta: Erlangga.

Saputra, I. M. R. A., & Suarya, L. M. K. S. (2019). Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 31-43.

Sarafino, E.P., dan Smith, T. W. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th Edition). New York; John Wiley & Sons, Inc.

Sari, M. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas Viii D Di Smp Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sari, D. A. M., & Rahayu, D. (2022). Peran Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(4), 741-751.

Sasmita, I.A.G.H.D., & Rustika, I.M. 2015. Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana Vol.2 no. 2. Bali:Universitas Udayana.

Sena, I. G. M. W., & Ulansari, N. L. P. (2020). Peranan Dhyana (Meditasi) Dalam Mengurangi Stres Pada Mahasiswa Semester Akhir. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 7(2), 104-113.

Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta:Gramedia.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta, CV.

Suhadi, T. P., Samatra, D. P. G. P., & Nuartha, A. A. B. N. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa PSSKPD Angkatan 2016 Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Sutjiato, M. (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu, 5(1).

Sya'baniah, N (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa SMK Negeri 3 Medan. Universitas Medan Area.

Thawabieh, A. M., & Qaisy, L. M. (2012). Assessing stress among university students. American International Journal of Contemporary Research, 2(2), 110-116.

Tirtha, P. B. B., Adnyana, I. M. O., Putra, I. B. K., Ayu, A. A., & Laksmidewi, P. (2021). Prevalensi Migren Dan Komorbiditas Depresi Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Tresnani, L. D. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dalam Mengatasi Stres Akademik Pada Mahasiswa S2 Terlambat Lulus (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Utami, S. D. (2015). Hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas XI di MAN 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Weidner, G., Kohlmann, C., Dotzauer, E., & Burns, L. (1996). The effects of academic stress on health behaviors in young adults. Anxiety, Stress & Coping, 9(2), 123-133. https://doi.org/10.1080/10615809608249396.

Wicaksana, B. Y. (2017). Hubungan antara Stres Akademik dan Kecenderungan Impulsive Buying pada Mahasiswa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus Psikologi Pendidikan, 164-173.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.48099

Article Metrics

Abstract view : 1295 times
PDF - 602 times

Copyright (c) 2023 I Gusti Agung Ayu Istri Indira Daneswari, Aria Saloka Immanuel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.