HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Nur Kur'ani

Abstract


Perkembangan kemandirian siswa sangat mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar. Namun dalam perkembangan kemandirian belajar siswa membutuhkan konsep diri yang positif dalam belajar dan motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan konsep diri dengan kemandirian belajar. Hipotesis yang diajukan adalah: 1) Ada hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa; 2) Ada hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar; 3) Ada hubungan antara motivasi belajar dan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI di SMK N 4 Kota Pontianak. Jumlah subjek yang diteliti sebanyak 90 siswa diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa sebesar 50,6%; 2) Ada hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa sebesar 48,9%; 3) Ada hubungan antara motivasi belajar dan konsep diri secara Bersama-sama dengan kemandirian belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi berganda sebesar 56,8%. Selanjutnya kontribusi variable X1 (motivasi belajar) dan variabel X2 (konsep diri) terhadap variable Y (kemandirian belajar) sebesar 32,2% sisanya 67,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama motivasi belajar dan konsep diri secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar siswa sehingga kemandirian belajar siswa dapat ditingkatkan dengan meningkatkan motivasi belajar dan konsep diri siswa.


Keywords


Motivasi Belajar; Konsep Diri; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Agnedella, S., Nina, A. 2021. Hubungan Antara Iklim Kelas dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pena Edukasi. Vol 8 No. 1

Arista, M., Arief, S., Tri, N, B, S. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu. Vol 6 N0 4.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA. Bandung: ROSDA

Djamarah, S. B. 2015. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Fatimah, E. 2008. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Uno, H.B. 2019. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.

Fauziah, N, Teti, S., Ecep, S. 2021. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 6 Garut. FOKUS. Vol 4 No.1

Oktavia, P.P. 2010. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kemandirian Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2005 dan 2006 UNNES. Skripsi (diterbitkan). Semarang. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Kurniawan, D. 2014. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa kelas XI Pada Kompetensi Mengidentifikasi Sistem Pengapian dan Komponennya Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMK Taman Siswa Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi (diterbitkan). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif.

Mastina, Y., Aspin., Abas, R. 2019. Hubungan Konsep Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 20 Konawe Selatan. Jurnal BENING Vol 3 No.1

Septiana, W.O.A & Mukhtar, A.S. 2021. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Pada Mata Pelajaran Fiqih Selama Masa Pandemi Covid-19. Sultan Agung Fundamental Research Journal. Vol 2., No. 1

Sakti, I. 2016. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Segugus 4 Kecamatan Loano. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 33

Sani, R.A. 2019. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Sarwono, S.W & Eko, A.M. 2018. Psikologi Sosial Edisi 2. Salemba Humanika: Jakarta.

Mulyadi, S., Heru, B., Wahyu, R. 2017. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru Dalam Psikologi. Rajawali Pers: Depok.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.48100

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 93 times

Copyright (c) 2023 Nur Kur'ani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.