MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAVID KOLB SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Pada masa Pandemi Covid-19, pemerintah menerapkan proses pembelajaran secara daring diakibatkan adanya pembatasan berskala besar yang disebut sebagai Study From Home. Salah satu fenomena yang terjadi selama pembatasan adalah permasalahan psikologis yaitu motivasi belajar. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara mahasiswa dapat memahami informasi yang diterima, ketika informasi dapat diterima dengan baik maka akan memunculkan dorongan atau motivasi untuk terus belajar. Tetapi selama masa pandemi terdapat gaya belajar yang tidak dapat dipenuhi sehingga memunculkan kecenderungan penurunan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut perbedaan motivasi belajar selama Pandemi Covid-19 pada mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang ditinjau dari gaya belajar David Kolb (Diverger, Konverger, Asimilator, serta Akomodator). Teknik pengambilan sampel yang sesuai untuk penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan jumlah subjek sebanyak 134 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Gaya Belajar David Kolb dan Skala Motivasi Belajar. Hasil uji dengan menggunakan One Way Anova menunjukkan nilai sig.< 0.05 yaitu 0.000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar di masing-masing dimensi Gaya belajar David Kolb. Motivasi tertinggi ada pada mahasiswa dengan gaya belajar dimensi Konverger. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi untuk mengakomodasi proses adaptasi gaya belajar mahasiswa pada dimensi Diverger dikarenakan memiliki rata-rata motivasi yang rendah selama proses belajar di masa pandemi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darsono. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Semarang : Ikip Press.
Faiz, M. (2017). Aktivitas Individu Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Metode Kalam Menggunakan Teknik Teman Sebaya Hubungannya Dengan Hasil Belajar Mereka. Doctoral Dissertation. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fajrin, V., & Pratama, A. (2022). Studi Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Forum Diskusi Online (Platform Spada) Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 97-108.
Fuad, Jauhar. (2016). Meta Analisis: Diferensiasi Gaya Belajar Dengan Metode Pembelajaran. Institut Agama Islam Tribakti Kediri. 2(1), 151-165.
Ghufron, M. N., Suminta, R. R. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoritik.
Ghufron, M., Risnawati, N.R. (2014). Teori - Teori Psikologi. Yogyakarta: Arruzz Media
Kolb, D. A. 1984. Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development. New Jersey: Prentice-H.
Kolb, A. Y. (2005). The Kolb Learning Style Inventory-Version 3.1 2005 Technical Specifications. Boston, Ma: Hay Resource Direct, 200(72), 166-171.
Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2005). Learning Styles And Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning In Higher Education. Academy Of Management Learning & Education, 4(2), 193-212.
Kolb, D. A. 1984. Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development. New Jersey: Prentice-H.
Kolb, A. Y. (2005). The Kolb Learning Style Inventory-Version 3.1 2005 Technical Specifications. Boston, Ma: Hay Resource Direct, 200(72), 166-171.
Lu, H., Jia, L., Gong, S. H., & Clark, B. (2007). The Relationship Of Kolb Learning Styles, Online Learning Behaviors And Learning Outcomes. Educational Technology And Society, 10(4), 187–196.
Mahayanti, A. A. I. (2018). Korelasi Antara Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Gugus Ubud Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2017/2018. Journal For Lesson And Learning Studies, 1(1), 11-20.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.
Nashar, 2004. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit: Cv. Sarnu Untung.
Richmond, A. S., & Cummings, R. (2005). Implementing Kolb’s Learning Styles Into Online Distance Education. International Journal Of Technology In Teaching And Learning, 1(1), 45-54.
Tulbure, C. (2011). Do Different Learning Styles Require Differentiated Teaching Strategies. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 11, 155-159.
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, D. H., Mujahidin, E., & Fath, A. F. (2021). Penerapan Metode Ceramah Online Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 496-511.
Unud. (2016). Universitas Udayana. Retrieved June 12, 2022, From Https://Www.Unud.Ac.Id
Widayati, S., Hotimah, N., & Rakhmawati, N. I. S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48-52.
Yılmaz-Soylu, & Akkoyunlu, B. (2002). The Effect Of Learning Styles On Achievement In Different Learning Environments. The Turkish Online Journal Of Educational Technology – Tojet, 8(4), 43-50.
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.48105
Article Metrics
Abstract view : 96 timesPDF - 98 times
Copyright (c) 2023 Putu Eka Widyawati, Ni Luh Indah Desira Swandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.