Efektivitas Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kedisplinan Siswa Di SMK Negei 1 Masohi

Authors

  • Rusnawati Ellis S.Psi, M.Pd Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.24114/konseling.v8i1.5225

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran untuk meningkatkan kedisplinan siswa di SMK Negeri 1 Masohi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre eksperimental design yang menggunakan teknik one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X  sebayak 120 siswa, dan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive yaitu  sampel yang mempunyai tujuan sehingga yang menjadi sampel adalah 15 siswa yang mempunyai tingkat disiplinan sedang 6 dan rendah 9. Analisis menggunakan Uji Wilcoxson dan di bantu SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Asymp. Sig. = 0.001. Oleh karena nilai Asymp. Sig. = 0.001 < α = 0.05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan Ada perbedaan yang signifikan tingkat kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah mengikuti sesi metode bermain peran

Author Biography

Rusnawati Ellis S.Psi, M.Pd, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Pattimura Ambon

Downloads

Published

2016-06-25