Program Bimbingan Karir untuk Mengembangkan Konsep Diri dalam Pemilihan Karir Siswa SMA
Abstract
Konsep diri adalah keseluruhan (totalitas) dari penerapan yang dimiliki seseorang terhadap dirinya, sikap tentang dirinya dan keseluruhan gambaran diri. Program bimbingan karir didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan untuk mendapatkan atau membantu sesuatu yang berdasarkan pada pengembangan teori yang diaplikasikan secara nyata. Penelitian ini akan melihat efektifitas program bimbingan karir dalam mengembangkan konsep diri siswa dalam pemilihan karir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design (eksperimen semu). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes dengan menggunakan angket konsep diri dalam pemilihan karir, sedangkan non tes dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji wilcoxon yang pengujiannya dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 17, didapatkan hasil 0, 018. Nilai ini bermakna terdapat perbedaan skor konsep diri dalam pemilihan karir siswa sebelum dan sesudah mengikuti sesi program bimbingan karir. Hasil penelitian ini adalah program bimbingan karir dapat efetif dalam mengembangkan konsep diri dalam pemilihan karir siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v8i1.5229
Article Metrics
Abstract view : 1705 timesPDF - 16 times
Copyright (c) 2016 Aniek Wirastania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.