Pengaruh Layanan Penguasaan Konten (Pembelajaran) Dalam Mengatasi Siswa Yang Kurang Minat Belajar Kelas VIII SMPN 1 P.S Tuan Tahun Ajaran 2014/2015

Happy Purba

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh layanan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015, sedangkan subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan terdiri dari 4 kelas. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 1 kelas yaitu kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan jumlah 38 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen, dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang kurang minat belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket instrumen yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan penguasaan konten (pembelajaran). Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pelaksanaan penguasaan konten (pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar pada kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini memberi makna bahwa melalui pemberian layanan penguasaan konten (pembelajaran), kurang minat belajar yang dialami siswa dapat teratasi atau dicari solusinya sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan memiliki prestasi yang baik. Kesimpulan ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 21.8481 > 2.04 pada taraf signifikan 5 % dan hasil angket sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata skor kurang minat belajar siswa sebesar 81.1578 dan setelah diberikan layanan penguasaan konten selama 4 kali pertemuan diketahui rata-rata peroleh skor sebesar 49.6842.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v9i2.5338

Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 2 times

Copyright (c) 2016 Happy Purba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.