GAMBARAN KESIAPAN KERJA PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM MAGANG MBKM DI JAKARTA

Viona Clara Hasim, Priscilla Viona Susanto, Zamralita Zamralita, Venesia Venesia

Abstract


Salah satu faktor meningkatnya angka pengangguran yang ada di Jakarta dikarenakan kurangnya kesiapan kerja pada setiap individu. Selain banyaknya perusahaan yang lebih membutuhkan tenaga kerja profesional, seseorang yang baru menyelesaikan pendidikannya pun sulit mendapatkan pekerjaan sehingga membuat tingkat pengangguran semakin meningkat. Hal ini disikapi oleh pemerintah dengan mengadakan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu jenis program MBKM adalah magang.  Dengan adanya program magang MBKM, diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk memiliki kesiapan kerja yang lebih tinggi karena mahasiswa dapat mengalami secara langsung bagaimana berada di dalam dunia kerja yang memiliki perbedaan dengan dunia perkuliahan. Selain itu, lewat program magang, mahasiswa mendapatkan pengalaman baru bagaimana bekerja dengan profesional. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan alat ukur Employability Appraisal Scale (Llinares et al., 2008). Melalui penelitian ini dapat dilihat bahwa kesiapan kerja mahasiswa yang mengikuti program magang MBKM memiliki hasil sedang dengan skor M =2.6. Meskipun tergolong sedang, mahasiswa yang telah mengikuti program magang masih kurang memiliki kepercayaan diri dan keterampilan, optimisme, dan kurang memiliki pengendalian emosi yang baik.


Keywords


Kesiapan Kerja; Mahasiswa; Magang

Full Text:

PDF

References


Azizah, N., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2019). Pengaruh persepsi magang dunia usaha/dunia industri dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1), 95-106.

Badan Pusat Statistik. (2023, May 8). Badan Pusat Statistik. Retrieved Mei 15, 2023, from https://www.bps.go.id/indicator/6/543/1/tingkat-pengangguran-terbuka-menurut-provinsi.html

Chalid. (2021). Tingkat kompetensi mahasiswa fresh graduate dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 1(1), 10-13.

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar - kampus merdeka. Retrieved Mei 15, 2023, from http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, T. (2015). Relevansi lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan tenaga kerja di era global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 5-64.

Heijde, C. M. V. D., & Heijden, B. I. J. M. (2006). A competence-based and multidimensional operationalization and measurement of employability. Human Resource Management, 45(3), 449-476.

Jayendra, P. S. (2022). Implementasi konsep catur marga sebagai konstruksi profesionalisme kerja bagi mahasiswa on the job training: Studi di Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Denpasar. Jurnal Pendidikan Agama, 2(1), 21-33.

Llinares-Insa, L. I., Gonzales-Navarro P., Zacares-Gonzalez, J. J., & Cordoba-Inesta, A. I. (2018). Employability Appraisal Scale (EAS): Development and validation in a Spanish sample. Frontiers in Psychology, 9.

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199-204.

Oktaviani, A., & Dwatra, F. D. (2021). Tingkat optimisme pada mahasiswa magang di tengah pandemi covid-19. Jurnal Riset Psikologi, 4, 1-12.

Pool, L. D., & Sewel, P. (2007). The key to employability: Developing a practical model of graduates employability. Jurnal Education + Training, 49(4), 227-289.

Putri, R. A., & NRH, F. (2015). Self esteem raih kesuksesan karir pada fresh graduate Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4(4). 15-19.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep merdeka belajar-kampus merdeka dan aplikasinya dalam pendidikan bahasa (dan sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa, 9(2).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyarini, E. P. D. (2012). Pengaruh motivasi memasuki dunia kerja dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja peserta didik kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel tahun pelajaran 2011/2012 [Skripsi sarjana]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumardiono. (2014). Apa itu homeschooling. Pandamedia.

Tulu, S. K. (2017). A qualitative assessment of unemployment and psychology fresh graduates job expectation and preference. Psychology and Behavioral Sciences, 6(2), 21-29.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.55127

Article Metrics

Abstract view : 625 times
PDF - 227 times

Copyright (c) 2023 Viona Clara Hasim, Priscilla Viona Susanto, Zamralita Zamralita, Venesia Venesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor slot