PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA SMK PANCASILA 8 SLOGOHIMO KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI

Fajar Putri Ambarwati, Tritjahjo Danny S, Setyorini Setyorini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh kontrol diri terhadap kebiasaan belajar siswa SMK Pancasila 8 slogohimo di Slogohimo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel random sempling sebanyak 35 siswa. Teknik pengumulan data menggunakan pada penelitian ini menggunakan kuesioner kontrol diri berdasarkan teori Averil (Thalib, 2010) dan kuesioner kebiasaan belajar berdasarkan teori Nana Sudjana (Maulidya Nina Rakhmanti, 2014). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS for Windows Release 20.0. Hasil analisis pengaruh kontrol diri terhadap kebiasaan belajar siswa SMK Pancasila 8 Slogohimo di Slogohimo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri memperoleh hasil Fhitung sebesar 51.077 dengan sig. = 0,000. Oleh karena itu nilai nilai sig. < 0,05 maka Ho (ρ = 0) ditolak yang artinya kontrol diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebiasaan belajar. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa kontrol diri siswa SMK Pacasila 8 Slogohimo sebesar 57,8 % dipengaruhi oleh variabel kebiasaan belajar dan sisanya 42,2 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Kontrol Diri; Kebiasaan Belajar

Full Text:

PDF

References


Heru Setyawan. 2017. Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. (https://123dok.com/document/zle92krq-hubungan-kontrol-kebiasaan-belajar-peserta-negeri-surakarta-ajaran.html diakses pada 22 November 2021 pukul 14.55)

Maulidya Nina Rakhmanti. 2014. Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih. S1 Skripsi,UniversitasNegeriYogyakarta.(https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.uny.ac.id/30138/1/Maulydia%2520Nina%2520R%252010505241016.pdf&ved=2ahUKEwiIr6LE0sP4AhX4R2wGHVaZCckQFnoECAcQAQ&usg=AOvVaw2s5bfGM1LqZMdv2xp3fg2M diakses pada 23 November 2021 pukul 15.30)

Ghufron, M. Nur. 2014. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soesilo, T.D. 2018. Penelitian Inferensial dalam Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana university Press.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Thalib, Syamsul Bachri. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.55131

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 13 times

Copyright (c) 2023 Fajar Putri Ambarwati, Tritjahjo Danny S, Setyorini Setyorini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.