PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK FASHION PADA INDIVIDU DEWASA AWAL
Abstract
Gaya hidup hedonis merupakan fenomena yang banyak terjadi di masyarakat, dimana individu berusaha untuk berpenampilan menarik dengan mengejar kepuasan materi sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan sikap individu yang didasari oleh kesenangan semata tanpa mementingkan fungsi atau kegunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu merupakan metode kuantitatif dengan jumlah 227 partisipan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala gaya hidup hedonis, skala perilaku konsumtif individu dewasa awal yang berusia 20 sampai 30 tahun dan pernah berbelanja produk fashion. Hasil data yang diperoleh akan diuji menggunakan teknik analisis data regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif, dengan memperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.291 atau sebanyak 29.1%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, M. N., & MS., Prof. Dr. H. S. (2015). Pengaruh Gaya Hidup (lifestyle), Harga, Promosi terhadap Pemilihan Tempat Tujuan Wisata (destination) Studi Kasus pada Konsumen Artojaya Tour & Travel Surabaya . JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN PETRA, 3.
Harry Susianto. (1993). Studi Gaya Hidup Sebagai Upaya Mengenali Kebutuhan Anak Muda.
James F Engel, Roger D Blackwell, Paul W Winiard, & F.X Budijanto. (1994). Perilaku Konsumen (6th ed.). Binarupa Aksara.
John C, M., Minor, M., & Yahya, D. K. (2002). Perilaku Konsumen (5th ed.). Erlangga.
John W. Santrock. (2019). Life-Span Development (17th ed.). McGraw-Hill.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 2.
Misbahun Nadzir, & Tri Muji Ingarianti. (2015). Psychological Meaning of Moneydengan Gaya Hidup Hedonis Remaja di Kota Malang. Seminar Psikologi & Kemanusiaan.
Mufidah, E. F., & Wulansari, P. S. D. (2018). Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Pascasarjana di Media Sosial. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(2), 33–36. https://doi.org/10.21067/jki.v3i2.2468
Musma Muis, Patmawaty Taibe, & Adi. (2019). Hubungan Harga Diri dengan Gaya Hidup Hedonis pada Mahasiswa Tidore diKota Makassar. Jurnal Psikologi Universitas Indonesia Timur.
Mustika, W., Kurniawati, M., & Permata Sari, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Kategori Produk Fashion Online Pada Marketplace. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(1), 141–151. https://doi.org/10.31253/pe.v21i1.1796
Nurazijah, M., Fitriani, S. L. N., & Rustini, T. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa. Journal on Education, 5(2), 2345–2352. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.890
Ritonga, L. S., & Adiati, R. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Self-Esteem terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja di Surabaya. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 476–485. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.34640
Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan. Alfabeta.
Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi : Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.55132
Article Metrics
Abstract view : 539 timesPDF - 180 times
Copyright (c) 2023 Paramitha Mudita Sumantri, Meike Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.