HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN EFIKASI DIRI

Nur Kur’ani

Abstract


Efikasi diri berperan penting terhadap perilaku siswa dalam belajar. Efikasi diri yang rendah akan berdampak pada prestasi belajar siswa sehingga diperlukan motivasi belajar dan disiplin belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan efikasi diri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Adapun jumlah populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XII di MAN 2 Kota Pontianak yang berjumlah 287 siswa dan sampel sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Teknik proportional random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan efikasi diri dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,690; 2) Ada hubungan positif antara disiplin belajar dengan efikasi diri dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,635; 3) Ada hubungan positif antara motivasi belajar dan disiplin belajar dengan efikasi diri dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,723. Berdasarkan hasil pengamatan semakin tinggi motivasi belajar dan disiplin belajar maka semakin tinggi efikasi diri siswa begitu juga sebaliknya semakin rendah motivasi belajar dan disiplin belajar maka semakin rendah pula efikasi diri siswa.

Keywords


Motivasi Belajar; Disiplin Belajar; Efikasi Diri

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VII. Humanitis, 8 (1). 18-27.

Dewi, I. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Dimasa Pandemi Peserta Didik Kelas XII SMA AL-ARIFIN Madura. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Dakhi, A.S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Ghufron, M.N & Rini, R.S (2017). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Harahap, N.S. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Prajurit Tamtama Paskhas TNI Angkatan Udara di LHOKSEUMAWE. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Isnain, M & Desi, M. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi. Volume 5 Nomor 02.

Kurniyawati, R. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Myers, D.G. (2014). Psikologi Sosial: Edisi 10 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Munawaroh, S. (2018). Hubungan Minat dan Efikasi Diri Dengan Kedisiplinan Belajar PKN. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nur Kur’ani. (2021). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar. Psikologi Konseling. Vol. 19 (2) hal. 1057-1064.

Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2: Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Prijodarminto, S. (1993). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Rustika, I. M. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20 (2), 18-25.

Sani, R.A. (2019). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yolandita, S.D. (2021). Hubungan Self Efficacy (Efikasi Diri) Terhadap Motivasi Belajar Biologi Kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Pekanbaru. Agustus.




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.55133

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 17 times

Copyright (c) 2023 Nur Kur’ani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.