HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN KOMUNIKASI DENGAN KEMAMPUAN BERADAPTASI MAHASISWA ASING UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

NURAZILAWATI ABDUL YAZIZ

Abstract


Kecemasan komunikasi meningkat pada mahasiswa asing di Universitas Negeri Medan.  Realita yang membuktikan bahwa kondisi mahasiswa asing kurang mampu dengan lingkungan sosial yang baru, dan mahasiswa asing tidak berupaya memiliki keyakinan diri yang baik dalam suasana yang baru. Dengan kecemasan yang ditampilkan mahasiswa asing tersebut akan berakibat pada kemampuan beradaptasi mahasiswa asing tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan komunikasi dengan kemampuan beradaptasi mahasiswa asing Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Namun penelitian ini juga melihat secara deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 mahasiswa asing campuran dari Universitas lain dan UNIMED. Sedangkan sampel yaitu 13 orang mahasiswa asing di UNIMED.

Variabel penelitian ini yaitu kecemasan komunikasi X kemampuan beradaptasi variabel Y. Bentuk angket yang digunakan adalah multiple choice. Sebelum penelitian ini dilakukan, terlebih dahulu instrumrn penelitian ini diuji cobakan dengan menggunakan rumus Product Moment untuk menguji valid dan reliabel. Dan hasil uji reabilitas kecemasan komunikasi 0,920 dan uji reabilitas kemampuan beradaptasi  0,975. Dan angket kecemasan komunikasi dari 40 butir angket yang valid 26 butir dan kemampuan beradaptasi variabel Y yaitu 40 butir angket yang valid 24 butir.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubunngan negatif yang signifikan antara tingkat kecemasan komunikasi dengan kemampuan beradaptasi mahasiswa asing. Hasil ini membuktikan dengan koefisien kolerasi Tata Jenjang = -0,497. Maka hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa tingkat kecemasan komunikasi berhubungan dengan kemampuan beradaptasi mahasiswa asing di Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v6i1.5599

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 13 times

Copyright (c) 2015 NURAZILAWATI ABDUL YAZIZ

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.