HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA SMAIT BAITUL MUSLIM DI LAMPUNG TIMUR
Abstract
Efikasi diri memiliki peran penting dalam penyesuaian diri siswa. Efikasi diri yang rendah dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk menyesuaikan diri, sehingga penyesuaian diri yang baik memerlukan tingkat efikasi diri yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara efikasi diri dengan penyesuaian diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi utama penelitian adalah seluruh siswa Kelas X SMAIT Baitul Muslim yang berjumlah 120 siswa, dengan sampel sebanyak 79 siswa yang dipilih melalui teknik Probability Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Spearman’s Rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dengan tingkat sedang antara efikasi diri dan penyesuaian diri, dengan koefisien korelasi sebesar 0,579. Ini berarti semakin tinggi tingkat efikasi diri siswa, semakin baik penyesuaian diri, dan sebaliknya, semakin rendah tingkat efikasi diri siswa, semakin buruk penyesuaian diri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Khatib, S. A. (2012). Exploring the relationship among loneliness, self-esteem, self-efficacy and gender in United Arab Emirates College Students. Europe’s Journal of Psychology, 8(1). https://doi.org/10.5964/ejop.v8i1.301
Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian (edisi ketujuh). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika, 2009.
Feldman, R. (2012). Pengantar Psikologi (Understanding Psychology). Pengantar Psikologi (Understanding Psychology), 440(March).
Gunarsa, P. D. S. D., & Gunarsa, D. Y. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. In PT. BPK Gunung Mulia.
Hidayat, D. A. J. (2012). Perbedaan Penyesuaian Diri Santri Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern. Jurnal Talenta Psikologi, 1(2). https://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JTL/article/view/593
Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 172–178. http://journal.unair.ac.id/JPPP@hubungan-self-efficacy-dengan-penyesuaian-diri-terhadap-perguruan-tinggi-pada-mahasiswa-baru-fakultas-psikologi-universitas-airlangga-article-8136-media-53-category-10.html
Juárez, F., & Contreras, F. (2008). Psychometric properties of the general self-efficacy scale in a Colombian sample. International Journal of Psychological Research, 1(2). https://doi.org/10.21500/20112084.907
Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, dan Implementasi. Ittihad: Jurnal Pendidikan, 4(1), 81–88. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/86
Lubis, I. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah. Skripsi: Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/16374/2/168600035 - Ikromiah Lubis - Fulltext.pdf
Mahmudi, M. H., & Suroso. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Pesona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view/382
Pamardi, B. B., & Widayat, I. W. (2014). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Penyesuaian Diri pada Taruna Akademi Angkatan Laut. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(1), 42–49.
Papalia, D. E., Olds, S.W., & Feldman, R. D. (2011). (2020). Human Development (Psikologi Perkembangan). Corporate Governance (Bingley).
Rahma, A. N. (2011). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Psikoislamika: Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 8(2), 231–246. https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.1551
Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280–289. https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/10494/
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (1997). Social origins of self-regulatory competence. Educational Psychologist, 32(4). https://doi.org/10.1207/s15326985ep3204_1
Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized Self-Efficacy Scale. In: Weinman, J., Wright, S. and Johnston, M., Eds., Measures in Health Psychology: A User’s Portfolio. In Causal and Control Beliefs.
Splichal, C. T. (2009). The Effects of First-Generation Status and Race/Ethnicity on Students’ Adjustment to College. Dissertation: University of Miami. https://scholarship.miami.edu/esploro/outputs/doctoral/The-Effects-of-First-Generation-Status-and/991031447382002976
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Journal of Business Theory and Practice, 10(2).
Xi, K., & Pasundan, S. M. A. (n.d.). Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas xi sma pasundan 2 bandung.
Yahya, H., & Wulandari, D. (2023). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Baru SMP Boarding School. Jurnal Perspektif Psikologi Indonesia, 1(1), 35–43. https://jppi.iam-indonesia.org/index.php/jppi/article/view/6
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.59699
Article Metrics
Abstract view : 129 timesPDF - 59 times
Copyright (c) 2024 Nabila A. Shofia Suhartono, Renyep Proborini, Tansri Adzalan Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.