STRES AKADEMIK MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN DALAM MENYELESAIKAN STUDI
Abstract
Abstrak
Stres adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara situasi yang diinginkan dengan sistem biologis, psikologis, atau sosial individu. Stres akademik dapat menurunkan motivasi, menghambat prestasi akademik, dan menyebabkan peningkatan angka putus sekolah. Stres akademik adalah tekanan-tekanan yang terjadi di dalam diri siswa yang disebabkan oleh persaingan maupun tuntutan akademik, salah satunya adalah tepat waktu dalam menyelesaikan studi. Tujuan penelitian adalah untuk melihat faktor penyebab stress akademik pada mahasiswa jurusan ilmu keolahragaan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengeksplorasi faktor penyebab stres akademik mahasiswa jurusan ilmu keolahragaan. Dalam analisis data, 36 mahasiswa diambil sebagai sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum stres akademis partisipan diketahui bahwa mayoritas partisipan dalam penelitian ini memiliki skor stres akademis yang tergolong ke dalam kelompok moderate (68%). Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas partisipan memiliki stres akademis yang sedang. Dimensi stresor konflik dan reaksi stres emosi pada alat ukur stres akademis merupakan dimensi dengan mean skor tertinggi pada partisipan, sedangkan dimensi stresor perubahan dan dimensi reaksi stres perilaku merupakan dimensi dengan mean skor terendah Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas mahasiswa menyelesaikan studi melebihi batas waktu dikarenakan tidak dapat membagi waktu dengan baik antara perkuliahan dan aktivitas lain, serta banyak mahasiswa yang harus mengulang mata kuliah dikarenakan tidak bisa memenuhi kontrak perkuliahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S. F., Shah, N. A., & Idaris, R. M. (2020). Stress and its Relationship with the Academic Performance of Higher Institution Students. International Journal of Advanced Research in Education and Society, 2 (1), 61-73.
A.M. Goff. (2011). Stressors, Academic Performance, and Learned Resourcefulness in Baccalaureate Nursing Students, Int. J. Nurs. Educ. Scholarsh., vol. 8, no. 1, 2011.
Anggola, J.E., & Ongori, H. (2009). “An Asessment of Academic Stress Among Undergraduate Students: The case of university of botswana”. Educational research and reviews, 4 (2): 063-070.
As’ari, D. K. (2007). Mengenal Mahasiswa dan Seputar Organisasinya. Jakarta: Pena Deni.
Astuti, H. P. P., & Syaifuddin. (2022). Pengelolaan Stres Akademik di Masa Pandemi: Studi Kasus pada Siswa di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 110-122.
Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (03): 143-148.
Bariyyah, K., & Latifah, L. (2015). Tingkat Tekanan akademik Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Universitas Pelita Harapan Surabaya, 1(1).
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Desamparado, C. G. A., Mendoza, S. J., Minguito, T. K., &Moneva, J. C. (2019). Stress Levels among the Senior High School Students in Practical. International Journal of Scientific and Research Publications, 9(1), 464-475. http://dx.doi.org/10.29322/IJSRP.9.01.2019.p8559.
Eryanti, F. (2012). Perbedaan Stres Akademik antara kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR Supratman 2 Medan. Jurnal USU, 7 (06): 145-162.
E. R. Ira Suwartika, Agus Nurdin, (2014). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi DIII Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, vol. 9, no. 3, pp. 173–189, 2014
Putra, S. D. (2018). Uji Validitas Konstruk Pada Instrumen Student-Life Stress Inventory Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis. Volume IV Nomor 3 Juli 2015, 257.
G. Stain and M. Singhai, (2017). Academic stress amongst students: A review of literature, Prestig. e-Journal Manag. Res., vol. 4, no. 2, pp. 58– 67.
Govaerts, S., & Grégoire, J. (2004). Stressful academic situations: Study on appraisal variables in adolescence. Revue Europeenne de Psychologie Appliquee, 54 (4), 261–271. https://doi.org/10.1016/j.erap.2004.05.001.
Hartaji, D. A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan)
Ibrahim, A. K., Kelly, S. J., Adams, C. E., & Glazebrook, C. (2013). A systematic review of studies of depression prevalence in university students. Jounal of Psychiatric Research, 47, 391-400.
Izzati, I. D. C., Tentama, F., & Suyono, H. (2020). Academic Stress Scale: A Psychometric Sudy for Academic Stress in Senior High School. European Journal of Education Studies. 7(7), 153-165.
Jannah, A. B. N., Kholili, M. I., & Hidayat, R. R. (2022). Stres Akademik dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh: Perbedaan Gender. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 6(1), 36-48. https://doi.org/10.20961/jpk.v6i1.62485.
K. J. Reddy, K. R. Menon, and A. Thattil. (2018). Academic stress and its sources among university students, Biomed. Pharmacol. J., vol. 11, no. 1, pp. 531–537, 2018, doi: 10.13005/bpj/1404.
Kadapatti, M., & Vijayalaxmi, A. (2012). Stressor of academic stress- a study on Pre-university students. Indian J.Sci.Res., 1(3), 171–175. Retrieved from http://ijsr.in/upload/428127980Paper 30.pdf.
Kemenristekdikti. “Permenristek- dikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi” Jakarta, 2015.
Khan, M. S., Altaf, S., & Kausar, H. (2013). Effect of perceived academic stress on students’ performance. FWU Journal of Social Sciences, 7(2), 146-151.
M. A. Karaman, E. Lerma, J. C. Vela, and J. C. Watson, “Predictors of Academic Stress Among College Students,” J. Coll. Couns., vol. 22, no. 1, pp. 41–55, 2019, doi: 10.1002/jocc.12113.
M. G. Kadapatti and A. H. M. Vijayalaxmi, “Stressor of Academic Stress- A Study on Pre-University Students,” Indian J. Sci. Res, vol. 3, no. 1, pp. 171–175, 2012.
Nakalema, G., & Ssenyonga, J. (2014). Gladys Nakalema Joseph Ssenyonga Mbarara University of Science and Technology, Uganda. African Journal of Teacher Education, 3(3), 1–21. https://doi.org/10.21083/ajote.v3i3.2762.
O. T. Dwi Retnaningsih, Khusnul Aini. (2018). “Faktor-faktor yang berhubungan dengan stres pada mahasiswa tingkat akhir S1 Ilmu Keperawatan di STIKES Widya Husada Semarang,” J. Ners Widya Husada Semarang, Vol. 2, No. 1, 2018.
Robbins, Stephen P. (2001). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid I, Edisi 8, Prenhallindo Jakarta.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology biopsychosocial interactions. Amerika: Wiley.
Schaefer, A., Matthess, H., Pfitzer, G., & Kohle, K. (2007). Mental health and performance of medical students with high and low anxiety. Psychotherapie, Psychosomatik, Medizinische Psychologie, 57 (7), 289-297.
Sinaga, M. A. J. (2015). Stres Akademik antara Anak Taman Kanak-kanak yang Mendapat Pengajaran Membaca dan Tidak Mendapat Pengajaran Membaca. Doctoral Dissertation, Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.
Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sohail, N. (2013). Stress and academic performance among medical students. Journal of the College of Physicians and Surgeons Pakistan, 23(1), 67-71.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.
Wardi, R., & Ifdil, I. (2016). Stress Conditions In Students Completing Thesis. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 190-194.
Weinberg RS, Gould D. (2003). Foundations of Sport & Exercise Psychology. Champaign, IL: Human Kinetics.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.59774
Article Metrics
Abstract view : 170 timesPDF - 142 times
Copyright (c) 2024 Faridz Ravsamjani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.