Literatur Review: Layanan Penguasaan Konten dengn Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Siswa

Thessia Permata Bunda, Firman Firman, Netrawati Netrawati, Abdul Rahman Mohd Nazri

Abstract


Manajemen waktu merupakan cara seseorang dalam mengelola, memanfaatkan mengalokasikan waktu yang dimilikinya, antara kebutuhan dan keinginan individu harus diatur dan disusun dengan sebaik-baiknya serta melakukan perencanaan, penjadwalan, dan mengurutkan prioritas sesuai dengan kepentinya. Kemampuan manajemen wakktu siswa perlu dikembangkan agar mampu menjalankan, mengalokasikan dan memanfaatkan waktu yang mereka miliki dengna sebaik-baiknya agar tidak terbuang sia-sia. Salah satu strategi untuk membantu siswa menjadi pengelola waktu yang lebih baik adalah dengan menggunakan pendekatan kontrak perilaku dalam hubungannya dengan layanan penguasaan konten. Oleh karena itu penulis bermaksud untuk mengkaji penelitian sebelumnya tentang layanan penguasaan konten berbasis kontrak perilaku yang membantu siswa dalam mengasah kemampuan manajemen waktu mereka.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan pengumpulan data dari temuan terkait. Tujuan tinjauan literatur studi ini adalah untuk menginformasikan kepada pembaca tentang temuan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan pembahasan ini.  Teknik analisis yang dipakai adalah analisis isi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten berbasis kontrak perilaku terbilang efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan manajemen waktu mereka. Banyak penelitian yang terdahulu menggunakan layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku dalam mengembangkan kemampuan manajemen waktu siswa.

Keywords


Manajemen Waktu, Layanan Penguasaan Konten, Kontrak Perilaku

Full Text:

PDF

References


Atkinson, P. E. (1990). Manajemen Waktu yang Efektif (A. Maulana MSM (ed.)). Jakarta: Banarupa Aksara.

Azizah, M. N., & Muslikah. 2021. “The Relationship Between Time Management, Self Regulation and Smartphone Addiction”. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Volume 12, Number 1.

Creswell, J. W. 2015. Educational Research “Planning, Conducting and zevaluating Quantitative and Qualitative Research”. Boston: Pearson.

Dayantri, S., & Netrawati. 2023. “Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7, No. 2.

Dewi, W. C. 2019. “Kontribusi Manajemen Waktu, Lingkungan di Rumah, dan Motivasi Siswa terhadap Prestasi Belajar di SMKN Se-Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta”. Media Manajemen Pendidikan. Volume 1, No. 3.

Diarni, Y. E. 2022. “Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Time Management Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Na IX-X T.A 2020/2021”. Thesis. Universitas Negeri Medan.

Ferzia, I., Firman., & Syahniar. 2017. “Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa dalam Belajar”. Proceedings|ICES 2017. Pp: 229-238.

Hadi, N. F., & Afandi, N. K., 2021. “Literature Review is A Part of Research”. Sultan Educational Journal (Seduj). Vol. 1, No. 3.

Harlina, Suharso, & Maria. 2014. “Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Kontrak Perilaku”. Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Vol 3, No 1.

Hasan, M. S., Sari. K. T. 2021. “Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTS Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. Volume 5, Nomor 1.

Husainiah, S. H., & Elia, F., & M. Ramli. 2020. “Keefektidan Konseling Kelompok Behavioral Teknik Self-management untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Waktu Siswa SMA yang Tinggal di Pondok Pesantren”. Teacher in Eductional Research. 2 (2).

Kamaruzzaman. 2016. Bimbingan Konseling. Pontianak: Pustka Rumah Aloy.

Latipun. 2006. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Ningsih., Dkk. 2023. “Pengaruh Konseling individual dengan Teknik Kontrak Perilaku terhadap Off Task Behavior Remaja di Kampung Bulaan Gadang, Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam”. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). Vol. 5, No.2.

Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2019). Penggunaan Manajemen Waktu terhadap Peningkatan Prestasi Belajar di SMP Araisyah. Jurnal Abdimas, 1(1), 1–8.

Prayitno. 2018. Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: RajaGrafindo Persada.

Sandra, K. I., & Djalali, M. A. (2013). Manajemen Waktu , Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217–222.

Samsuri, T. 2003. Kajian Teori, Kerangka Konsep, Hipotesis dalam Penelitian. Balai Pengembangan Kelompok Belajar Sumatera Barat.

Saragih, S. R. 2017. “Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Kontrk Perilaku pada Siswa Kelas VIII-2 SMP N 5 Tebing Tinggi. School Education Journal. Vol 7, No 3.

Sari, M. I., Lisiswanti, R., & Oktafany. 2017. Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(3), 527.

Syukur, Y., Neviyarni., & Zahri, T. N. 2019. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Wulandari, D. 2013. “Pengaruh Pelaksanaan Layanan Pembelajaran (Penguasan Konten) terhadap Kemampuan Siswa dalam Memanajemen Waktu di Kelas X-1 MAN 2 Tanjung Pura Langkat tahun Ajaran 2012/2013”. Thesis. Universitas Negeri Medan




DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.60223

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 1 times

Copyright (c) 2024 Thessia Permata Bunda, Firman Firman, Netrawati Netrawati, Abdul Rahman Mohd Nazri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.