Hubungan Antara Kesehatan Mental dan Berpikir Kritis Dengan Kemandirian Belajar Siswa
Abstract
Perkembangan kemandirian siswa sangat mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar. Namun dalam perkembangan kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh Kesehatan mental siswa dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kesehatan mental dan kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar siswa. hipotesis yang diajukan ialah: 1) ada hubungan antara Kesehatan mental dengan kemandirian belajar siswa; 2) ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar siswa; 3) ada hubungan antara Kesehatan mental dan kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar siswa. metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pontianak. Jumlah subjek yang diteliti sebanyak 48 siswa diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan Kesehatan mental dengan kemandirian belajar siswa sebesar 48,8%; 2) ada hubungan kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar siswa sebesar 29,4%; 3) ada hubungan antara Kesehatan mental dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama dengan kemandirian belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi berganda sebesar 48,9%. Selanjutnya kontribusi variable x1 (Kesehatan mental) dan variable x2 (kemampuan berpikir kritis) terhadap variable Y (kemandirian belajar siswa) sebesar 23,9% sisanya 76,1% dipengaruhi oleh factor lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A’ine Nurfalah, Dessy Prihatini, Wahyu Hidayat, E. E. R. (2019). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa sma cimahi. 02(01), 167–173.
Alec Fisher. (2009). Berpikir Kritis: Suatu Pengantar. Erlangga.
Asmah, R., & Suprihatiningsih, S. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. Tadris Matematika, 2(1), 85–92.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT. Remaja Rosda Karya.
Dewi, D. A. K. (2016). Hubungan Kemandirian dengan Strategi Coping Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 556–561. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4243
Ennis, R. H. (1995). Critical Thinking. Prentice-Hall.
Enung, F. (2008). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). CV Pustaka Setia.
Fakhriyani, D. (2019). Kesehatan Mental. In Duta Media Publishing.
Kur’ani, N. (2023). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi Konseling, 14(1), 79–87.
Mohamad Surya. (2020). Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi dari Guru untuk Guru. ALFABETA.
Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2016). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Nila Frischa Panzola, Firman, Netrawati, M. N. A. R. (2024). Hubungan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Nila. Edu Research, 4(4), 79–91.
Nisa, W. I. (2019). Penanganan Kesehatan Mental Berbasis Komunitas. Media Nusa Creative.
Nuryamin, D. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar siswa kelas XI di SMK N Pagelaran Utara. 3–10.
Ratna Hidayah, Moh. Salimi, T. S. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. Taman Cendikia, 1(2), 127–133. http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html
Seto Mulyadi, A.M.Heru Basuki, W. R. (2017). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Rajawali Pers.
Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Syadillah Mursyid, F. R. H. (2020). Hubungan Kesehatan Mental dan Fungsi Kognitif dengan Kemandirian Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. 1(3), 1619–1624.
DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.60621
Article Metrics
Abstract view : 46 timesPDF - 25 times
Copyright (c) 2024 Nur Kur'ani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.