Menelusuri Pengaruh Idola K-Pop Terhadap Motivasi Belajar Dan Kesehatan Mental Generasi Z : Sebuah Kajian Kualitatif
DOI:
https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v18i1.66956Keywords:
Generasi Z, K-pop, Motivasi Belajar, Kesehatan MentalAbstract
Generasi Z, yang lahir antara pertengahan tahun 1997 sampai 2012, tumbuh dalam era digital yang dipenuhi dengan budaya populer global, terutama fenomena K-pop. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana fandom K-pop di kalangan generasi Z mempengaruhi motivasi belajar dan kesehatan mental mereka. Dengan pendekatan kualitatif, Tujuan dari penelitian ini menggali pengalaman dan perspektif penggemar K-pop, mengidentifikasi interaksi antara motivasi belajar dan dampak kesehatan mental yang ditimbulkan oleh idola K-pop. Keterlibatan K-pop bagi generasi Z mempunyai pengaruh posistif yaitu Para penggemar merasa termotivasi untuk meniru sikap positif idola mereka dalam menghadapi tantangan hidup, termasuk dalam mencapai tujuan akademik. Mereka terinspirasi oleh perjuangan para idola yang tidak hanya berfokus pada kesuksesan tetapi juga pada proses dan usaha yang diperlukan untuk mencapainya. Hal ini menjadi dorongan bagi generasi Z untuk lebih semangat belajar dan mengejar impian mereka, meskipun dengan adanya tantangan yang harus dihadapi, Namun, di sisi lain, keterlibatan yang mendalam dengan K-pop juga menimbulkan beberapa dampak negatif. Salah satunya adalah kecenderungan obsesi berlebihan terhadap idola, yang mengarah pada peningkatan waktu layar yang tidak produktif dan penundaan tugas akademik. Selain itu, terdapat juga dampak terhadap kesehatan mental, seperti Merasa lebih baik secara emosional setelah mendengarkan musik K-pop atau mengikuti aktivitas terkait, seperti menonton variety show atau konser virtual. K-pop juga membantu penggemar mengalihkan perhatian dari kecemasan dan stres yang mereka alami, memberikan dukungan emosional yang penting, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental.References
Adityara, Sarah, and Rizki Taufik Rakhman. 2019. “Karakteristik Generasi Z Dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual.” Semina Nasional Seni dan Desain: “Reinvensi Budaya Visual Nusantara” (September): 401–6.
Arifatuzzahra, Rahma et al. 2024. “Analisis Tren K-Pop Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris.” 3(3): 263–71.
Asrofi, Muhammad Zayyin. 2021. “TREND BUDAYA K-POP DI KALANGAN REMAJA INDONESIA: BTS MEAL HINGGA FANATISME.” egsa.geo.ugm.ac.id/2021/12/21/trend-budaya-k-pop-di-kalangan-remaja-indonesia-bts-meal-hingga-fanatisme/#:~:text=Musik dari budaya Korea yang,dibawah suatu manajemen atau agensi.
Diana vidya fakhriyani. 2019. KesehatanMental.Pdf. ed. M.Pd.I. Dr. Mohammad Thoha. duta media.
Djoko suwarno, Dkk. 2018. Perzpetif. ed. dkk Hilda Carolina Pang. universitas katolik soegijapranata. books.google.co.id/books?id=-KlcDwAAQBAJ&pg=PA21&dq=martha+widiana+buku+gen+z&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwiEqMnUoLGKAxXcS2wGHZlMD88Q6AF6BAgMEAM#v=onepage&q=martha widiana buku gen z&f=false.
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S. I. K., M.Si. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. ed. M.Si Dr. Patta Rapanna, S.E. Syakir Media Press. books.google.co.id/books?id=JtKREAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false.
Dwi, Khusnul, and Danik. 2022. “Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar.” Tajdid Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 6(1): 37–48.
Hidayat, Nugraheni Attharika, Dewi Laras, Helga Kathryna, and Karunianingtyas Ritonga. 2024. “Pengaruh Fangirling Kpop Idol Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa S1 Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta Kampus 3 Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial ( JKOMDIS ).” 04(01): 6–12.
JULIA, FAISAL ANWAR & PUTRY. 2021. “ANALISIS STRATEGI PEMBINAAN KESEHATAN MENTAL OLEH GURU PENGASUH SEKOLAH BERASRAMA DI ACEH BESAR PADA MASA PANDEMI.” : 64–83.
Kamil, Rusdan dan, and Laksmi. 2023. “Generasi Z, Pustakawan, Dan Vita Activa Kepustakawanan.” BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi 9008(105): 25–34.
Malfasari, Eka et al. 2020. “Kondisi Mental Emosonal Pada Remaja.” 8(3): 241–46.
P, Annisa Nurul dan Y, Susi. 2023. “Peran K-Pop Dalam Meningkatkan Kualitas Kehidupan Sosial Remaja.” Doi.Org/10.37817/Ikraith-Humaniora.V8I2 8(2): 60–68.
Rahmah, Hafida Jauhari, Mustaqim Pabbajah, Ratri Nurina Widyanti, and Kata Kunci. 2022. “Ancaman Dan Strategi : Krisis Kesehatan Mental Pada Anak Komunitas K-Pop Selama Pandemi COVID-19.” 4: 171–82.
Rohaliya, Siti, and Septi Kuntari. 2023. “PENGARUH IDOL K-POP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ANYER.” m: 159–69.
Santosa, Elizabeth T. 2015. Raising Children in Digital Era. PT. Elex Media Komputindo. books.google.co.id/books?id=3E1JDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=raising+children+in+digital+era&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwj4y76tod2KAxXtcmwGHbAVI2QQ6AF6BAgLEAM#v=onepage&q=raising children in digital era.
Sawitri, Dian Ratna. 2021. “Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan Dan Strategi Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Yang Unggul.” Angewandte Chemie International Edition 3(1): 10–27. medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Statistik, Badan Pusat. 2020. “Jumlah Penduduk Menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, Dan Jenis Kelamin, INDONESIA, 2020.” sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2.
Yunarti, Susi, and Dian Harmaningsih. 2024. “K-Pop Idol BTS Dan Lagu-Lagunya Sebagai Stimulus Perilaku Bagi Kaum Muda Untuk Menjaga Kesehatan Mental.” 8(1): 95–102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.