Hubungan Self Esteem Dengan Kecenderungan Kompulsif Buying Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babalan

Authors

  • Dilla Rafida Zahra Universitas Negeri Medan
  • Asiah Universitas Negeri Medan
  • Erwita Ika Violina Universitas Negeri Medan
  • Rafael Lisinus Ginting Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v18i1.67275

Keywords:

Self Esteem, Kecenderungan Kompulsif Buying.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan kecenderungan kompulsif buying pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babalan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Subejek dalam penelitian ini terdiri dari 135 peserta didik yang duduk di kelas XI di SMA Negeri 1 Babalan dengan menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data ini menggunakan uji analisis korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan uji normalitas dengan nilai sebesar 0,200 yang berarti data berdistribusi normal, uji linearitas dengan nilai sig deviation from linearity sebesar 0,997 yang berarti terdapat hubungan yang linear antar variabel dan uji korelasi sebesar -0,415 dengan signifikan (P/0,001) maka dapat diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan negatif antara self esteem dengan kecenderungan kompulsif buying pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babalan dengan kategori hubungan sedang. Dengan kata lain hipotesis dalam penelitian ini diterima.

References

Alfitman, A., Dharmmesta, B. S., & Aritejo, B. A. (2021). Konsep Pembelian Kompulsif: Sebuah Keterpaksaan. Mix:Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(02), 349516.

Alwisol. (2002) Psikologi Kepribadian, Malang Penerbit Universitas Muhammdiyah Malang.

Amalia, A. R., & Hidayat, D. R. (2023). Pengaruh Kekerasan Verbal Terhadap Self- Esteem Remaja Akhir Di Kota Bekasi. Jurnal Syntax Fusion, 3(09), 977-986.

Amalia, N. R., Sinring, A., & Asdar, M. (2023). Meningkatkan Self Esteem Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Individual dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Teknik Restrukturisasi Kognitif. Jurnal peemikiran dan Pengembangan dan pembelajaran, 5(3), 194-203.

Andriana, E., Cyrious, C., & Asepta, U. Y. (2024). Pengaruh Self-Congruence dan Shopping Value Terhadap Compulsive Buying Produk Lifestyle. Economic Reviews Journal, 3(4), 1172-1194.

Anjana, Jose. (2023). A Study on the Effects of Compulsive Buying Behavior and Shopping Addiction on the Self Esteem of College Going Female Students. The International Journal of Indian Psychology, 586-592.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Peneltian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Baron,

Coopersmith, S. (1967). The Antecendents of Self-esteem. San Fransisco: W. H. Freeman And Co. Cynthia, T., & Zulkaida, A. (2009).

Dariuzky, Goran. 2004. Membangun Harga Diri Pioner Jaya: Bandung.

Ditasari, V. (2014). Pengaruh Materialisme Happiness, Materialisme Centrality dan Materialisme Success terhadap Impulsive Buying dan Efeknya pada Compulsive Buying Behavior (Studi Empiris pada Mahasiswa yang Berbelanja Pakaian di Department Store di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Dittmar, H. (2004). Understanding and diagnosing compulsive buying. Handbook. of addictive disorders: A practical guide to diagnosis and treatment, 42(04), 411-450.

Dittmar, H. (2005). Compulsive buying - a growing concern? Anexamination of gender, age, and endorsementof materialistic values as predictors. British Journal of psychology, 467-491

Faber, R. D., & O'Guinn, T. C. (1992). A clinical screener for compulsive buying .Journal of consumer research , 459-468.

Faber, R., & O'Guinn, T. (2008). Compulsive buying. Handbook of consumer psychology, 1039-1056.

Fany Riwanda & Eka Dian Aprilia. (2024) Pembelian Online Pada Dewasa Awal: Peran Materialisme Terhadap Compulsive Buying Pada Kelompok Pekerja. Jurnal Psikologi Unsyiah, 108-124.

Fardhani, P.R., & Izzati, U. A. (2013).Hubungan Antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Trimurti Surabava. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(02), 1-7.

Fatikasari, F. M., & Umami, N. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Berbelanja Online pada Remaja. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(8), 636-647.

Giswananda, A. F., & Mastuti, E. (2024). Literature Review: Faktor Internal Impulsive Buying Pada Remaja Putri Yang Melakukan Online Shopping. Jurnal Syntax Fusion, 4(05), 138-145

Ghufron, M. N., & Risnawaita, R. (2016). Teori-Teori Psikologi. Ar Ruzz Media.

Greenberg, J. (2008). Understanding the vital human quest for self-esteem. Perspectives on Psychological Science, 3, 48-55.

Harter, Susan. 2004. Historical Roots of Contemporary Issue Involving Self Concept Dalam Bruce A Brackin (editor) Handbook of Self Concept. New York: John Willey and Sons.

Hurlock, E.B. (1990). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, K., & Bashori, K. (2016). Psikologi Sosial (aku, kami, dan kita). Jakarta : Erlangga.

Iskandar, A. S., Prasetyo, E., & Mulya, H. C. (2023). Dinamika Self-Esteem Pada Emerging Adulthood Yang Fatherless. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 11(2), 173-197.

Isnaini Ismi M, (2013). Perbedaan Harga pada subjek Diri (Self Esteem) Remaja Ditiniau Dari Keberadaan Ayah. Jurnal Psikologi, Vol 9 No 2.

Jess, F., & Gregory, F. (2014). Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Humanika. José Manuel Otero-López , María José Santiago and María Cristina Castro. (2023). Big Five Personality Traits and Compulsive Buying: The Mediating Role of Self-Esteem, 104-116.

Kellett, S., & Bolton, J.V. (2009). Compulsive Buiyng: A Cognitive Behavioral Model.Clinical Psychology & Psychotherapy, 16(2), 83-93.

Khairiyah, M. (2023). Kontrol Diri dan Impulsive Buying Remaja (Studi Pada Pengguna Tiktokshop). Jurnal Humanipreneur, 2(3), 17-22

Koeswara, E. 1991. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: PT. Ereseg.

Lesmana, T., Mar’at, S., & Risnawati, W. (2017). Application of CBT in Coping with Compulsive Buying on Online Shopping by Young Adult Woman. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1 (1), 65-75.

Lianto, A. L., & Kurniawati, M. (2023). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Impulsive Buying Pada Dewasa Awal. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5817-5828.

Lutan, Rusli. (2003). Self esteem: Landasan Kepribadian. Jakarta: Bagian Provek Peningkatan Mutu Organisasi dan Tenaga Keolahragaan Dirjen Olahraga Depdiknas.

Maghfira, N., Widyastuti, U., & Iranto, D. (2023). Pengaruh Financial Literacy dan Compulsive Buying Terhadap Prospeensity To Indebtedness. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 2156-2168.

Mangestuti, Retno (2014) Model pembelian kompulsif pada remaja. Doctoral thesis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Mangkunegara, A. P., 2009. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama. McElroy, S. L., Keck, P. E., Pope, H. G., Smith, J. M., & Strakowski, S. M. (1994). Compulsive buying: a report of 20 cases. The Journal of Clinical Psychiatry, 55(6), 242-248.

Mentari Aulia Oktaviani. (2019) Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo, 549-556.

Miron zuckerman, Chen li, and Judith A. hall. (2016). When Men And Women Differ In Self-Esteem And When They Don't: A meta-analysis. Journal of Research in Personality, 34-51.

Mittal, S., Sondhi, N., & Chawla, D. (2018). Process of impulse buying: A qualitative exploration. Global Business Review, 19(1), 131-146.

Muharsih, L., Rohayati, N., & Ameylia, M. (2024). Harga Diri dan Kontrol Diri Sebagai Prediktor Pembelian Kompulsif Pada Konsumen Belanja Online di Karawang. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 4(2), 18-27.

Naomi, P. & Mayasari, I. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa SMA dalam Perilaku Pembelian Kompulsif: Perspektif Psikologi. Jurnal Abmas, 8 (8): 1-8. Nashori, Fuad dan Rachmy Diana Mucharam, Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islam, Jogyakarta: Menara Kudus, 2012.

Nikmarijal, N. (2014). Urgensi peranan keluarga bagi perkembangan self- esteem remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(2), 19-24.

Oktaviani, M. A. (2019). Hubungan penerimaan diri dengan harga diri pada remaja pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 549-556.

O'Quinn, Thomas C, and Ronald J. Faber. (1989). Compulsive buying: A phenomenological exploration, Journal of Consumer Research, 16 (September), 147-157.

Paramitha, N. P. I. N., Sulhaini, S., & Saufi, A. (2022). The Effect of Hedonic Shopping and Utilitarian Values on Impulse Buying Moderated By Gender On The Marketplace. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 9(2), 54-67.

Pasya, A. D. (2023). Pengaruh Celebrity Worship Pada Penggemar Kpop Generasi Z Terhadap Online Compulsive Buying Dengan Materialism Sebagai Variabel Mediasi. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 2(1).

Razali, G. (2023). The Role of Self-Concept in Overcoming Rejection and Enhancing Self-Esteem. Digicommtive: Jurnal of Communication Creative Studies, and Digital Culture, 1(1), 44-49.

Resita, R., & Syamsuddin, A. B. (2022). Perilaku Hedonisme Remaja di Mall Panakukkang Makassar. Jurnal Berita Sosial, 7(1), 1-13.

Reskiani, E. (2021). Pengaruh Self Esteem Terhadap Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Di Kota Makassar Oleh: Evi Reskiani Fakultas Psikologi. In Dspace Repository. Universitas Bosowa Makassar.

Risnawati, E., Nuraqmarina, F., & Wardani, L. M. I. (2021). Peran father involvement terhadap self esteem remaja. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 143- 152

Santrock, J. 2003. Adolescance: Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Companies Inc

Santrock, J. W. (2007). Adolescence, Eleventh edition. Jakarta: Erlangga.

Sarafino EP. (2006). Heath psychology. biopsychosocial interactions. Fifh Edition. Shn willey & sons, Inc.

Sari, U. M., Santosa, B., Afrinaldi, A., & Hartati, S. (2023). Hubungan Self-Esteem dengan Self-Confidence Siswa di MTSN 5 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25775-25781.

Sarwono, S. W. (2018). Psikologi Remaja. Depok: Raja Grafindo Persada. Sasmita, H., & Neviyarni, Y. K. (2021). Meningkatkan Self Esteem Remaja Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Therapy. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 32-43.

Sefchullisan, W. 2012. Gambaran Self-Concept dan Self-Esteem Seseorang. Sekarsari, L. A. (2023). Analysis of the Relationship Between Gratification Seeking, Val-ue Shopping, Idea Shopping, Materialism, and Compulsive Buy-ing on Life Happiness and Self Esteem (Study on Female Con-sumers). IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 6(1), 37-46.

Semanat, N. S., & Mokhlis, S. (2019). Hubungan antara Kepimpinan Fesyen, Kecenderungan Pembelian Kompulsif dan Ketagihan Membeli-Belah Dalam Talian: The Relationships between Fashion Leadership, Compulsive Buying Tendency and Online Shopping Addiction.

Septiana Putri, H., & Arswimba, B. A. (2024). Hubungan Antara Konformitas di Lingkungan Pertemanan dengan Gaya Hidup Hedonisme pada Pelajar SMA. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 38-50.

Sharma, V., Narang, K., Rajender, G., & Bhatia, M. S. (2009). Shopaholism (Compulsive Buying) -A New Entity Delhi Psychiatri Journal, 12 (1), 110- 113.

Sholich, & Amelasasih. (2022). Self-Esteem Pada Remaja Akhir Yang Menggemari Selebgraml Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 130-136.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sri Widaningsih & Ati Mustikasari. (2018). The Effect of Fashion Orientation, Money Attitude, Self Esteem, and Conformity on Compulsive Buying: A Study on Youth Customers in Bandung". Advances in Economics, Business and Management Research, 639-642.

Susanty, Dewi Indah. 2006. Hubungan Antara Self esteem dan Perilaku Alkoholisme Pada Remaja Alkoholik Di Kota Kupang. Skripsi. Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Stets, J. E., & Burke, P. J. (2014). Self-Esteem And Identities. Sociological Perspectives, 57(4), 409-433.

Severe, S. (2002). Bagaimana Bersikap Kepada Anak Agar Bersikap Baik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Taufik. (2012). Empati: pendekatan psikologi sosial. Jakarta: Rajawali Press.

Tengfei Guo, Chenzhi Cai1, Yanzhen Xu1, Maoyong Huang1, Yakun Ni. (2024). Self-Esteem and College Students’ Online Impulse Buying: The Independent and Interactive Moderating Role of Interdependent Self-Construal and Interpersonal Relationships, (4447, 4461)

Tsuraya, Z. (2023). Perilaku Remaja Dalam Transaksi Belanja di E-Commerce. Utami, Y. (2024). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Kompulsif di Pusat Perbelanjaan: Studi Kasus pada Indomaret dan Alfamart di Kabupaten Bantul. Jurnal EMT Kita, 8(1), 450-458.

Utami, R. D. (2011). Pengaruh Family Structure Terhadap Materialisme Dan Pembelian Kompulsif Pada Remaja. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 4(3), 630-75.

Workman, L. (2010). The Essential Structure Of Compulsive Buying: A Phenomenological Inquiry (Dissertation). Management Information Systems, Utah State University.

Yuliantari, M. I., & Herdianto, Y. K. (2015). Hubungan Konformitas dan Harga Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, Volume 2 Nomor 1, 91.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rafida Zahra, D., Asiah, Violina, E. I., & Ginting, R. L. (2025). Hubungan Self Esteem Dengan Kecenderungan Kompulsif Buying Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babalan. PSIKOLOGI KONSELING, 18(1), 161–172. https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v18i1.67275