KOLABORASI PERSONIL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Maulida Fitri Universitas Negeri Padang
  • Firman Firman Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni S Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69406

Keywords:

Manajemen BK; Kolaborasi Personil Sekolah; Kurikulum Merdeka

Abstract

Kolaborasi antar personil sekolah sangat penting dalam pelaksanaan manajemen BK. Namun nyatanya fenomena yang terlihat dilapangan masih terdapat personil sekolah yang belum melakukan perannya masing-masing dalam pelayanan BK dengan maksimal. Seperti dukungan sarana dan prasarana yang kurang dari kepala sekolah, guru BK yang tidak membuat program dengan efektif dan efesien, dan guru bidang studi/kelas yang tidak bekejasama dalam membagi informasi mengenai pola perkembangan siswa dikelas. Dalam pelaksanaan manajemen disekolah dihimpun oleh suatu kurikulum yang disebut kurikulum merdeka. Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan potensi individu siswa melalui pendekatan yang lebih fleksibel dan personal. Dalam konteks ini, peran bimbingan dan konseling menjadi sangat penting untuk membantu siswa mengatasi berbagai tantangan akademik dan non-akademik. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kolaborasi antar peronil sekolah dalam BK. Sehingga diperlukan sistem manajemen yang baik agar pelayanan BK terlaksana dengan optimal. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam mengenai bagaimana manajemen BK dalam pengoptimalan peranan personil sekolah untuk kolaborasi pelaksaan BK disekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan data-data dari hasil penelitian terdahulu dan hasil-hasilnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan BK disekolah harus menerapkan POAC agar personil sekolah mengetahui dan menjalankan perannya, dengan begitu dapat terciptanya kolaborasi personil sekolah dalam pelaksanaan BK yang optimal sesuai dengan kurikulum Merdeka.

Author Biography

Maulida Fitri, Universitas Negeri Padang

Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

References

Handoko, T. H. (1997). Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Fitriani. (2023). Analisis Implementasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling. Vol 3(3) 1-19.

Neviyarni. (2023). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Octavia, S. A. (2019). Bimbingan konseling di sekolah / madrasah. Bandung: CV BUDI UTAMA.

Sari, M. S. (2022). Metodologi Penelitian. Global Eksekutif Teknologi. Jakarta: Global Eksekutif Teknologi.

Sheldon, O. (1923). The Philosophy of Management. London: Pitman.

Sugiono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tahmidaten, L. &. (2019). Implementasi Pendidikan Kebencanaan Di Indonesia (Sebuah Studi Pustaka Tentang Problematika dan Solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136–154.

Terry, G. R., & Rue, L.W. (1982). Aguide to supervision. Learningys tems Company. New York: Homewood.

Wahida, N. C. (2019). Peran dan Aplikasi Assesment dalam Bimbingan dan Konseling. FOKUS (Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan) , 2(2) 45-56.

Zed, M. (2004). Metode Peneletian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia .

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Fitri, M., Firman, F., & S, N. (2025). KOLABORASI PERSONIL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING SESUAI KURIKULUM MERDEKA. PSIKOLOGI KONSELING, 17(2), 37–53. https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69406