HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP DI JAKARTA

Authors

  • Gabriel Abraham Universitas Tarumanagara
  • Monika Monika Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69408

Keywords:

Konsep Diri, Penyesuaian Diri, Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Siswa baru di SMP dituntut memiliki penyesuaian diri yang baik di lingkungan baru. Pentingnya penyesuaian diri berkaitan dengan terciptanya kesimbangan antara diri dengan berbagai tuntutan yang ada pada lingkungan baru. Kemampuan penyesuaian diri dipengaruhi oleh asertivitas, dukungan sosial, culture shock, strategi coping, efikasi diri akademik, motivasi, kepribadian, harga diri, dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII semester pertama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester pertama di SMA X Jakarta. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah sebanyak 311 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Peneliti melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji beda item sebelum skala konsep diri dan penyesuaian diri digunakan untuk mengambil data penelitian. Analisis data penelitian yang digunakan oleh peneliti, yakni, Pertama uji asumsi yang terdiri dari dua jenis, yakni uji normalitas dengan menggunakan teknik kolmogorov-smirnov dan uji linearitas dengan teknik deviation from linearity. Kedua adalah uji hipotesis dengan melakukan uji korelasi product moment. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25 for windows.

References

Ardyles, J., & Syafiq, M. (2017). Penyesuaian Diri Mahasiswa Nusa Tenggara Timur di Surabaya. 4(1), 91–99.

Astutik, W., Astuti, I., & Yusuf, A. (2017). Hubungan antara Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Islam Bawari Pontianak. 1–12

Candrawati, D. (2019). Persepsi Terhadap Pola Asuh Demokratis dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8(2), 99–107.

Churniyawati, R. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Penyesuaian DiriSiswa Kelas X MAN 3 Sleman Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Garnis, F., & Widyastuti. (2021). Hubungan antara Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Proyeksi, 16(92–99), 92–99.

Harnung, Wiwik Kusdaryani, G. Rohastono Adjie. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas Vii Smp. NEGERI I JUWANA

Kemendikbud, S. N. (2020). Pembelajaran di Masa PandemiTantangan & Tantangan. Jakarta: Kemendikbud.

Marpaung, I. M. N., & Wati, C. L. S. (2020). Hubungan antara Harga Diri, Efikasi Diri Akademik, dan Penyesuaian Diri terhadap Lingkungan Sekolah para Siswa Kelas VII di SMP St. Kristoforus 1. Jurnal Psiko-Edukasi, 18(1), 18– 31.

Rahman, R. (2021). Penyesuaian Diri Mahasiswa Internasional di Institut Agama Islam Negeri Parepare

Rahmawati L. (2018). Demographic Profile, Clinical and Analysis of Osteoarthritis Patients in Surabaya.

Sariningtyas, I. (2018). Upaya Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa terhadap Lingkungan Sekolah melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Kelas VII-A MTs N 8 Gunungkidul

Selliana, Nengsih, & Sitepu, D. R. (2021). Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Kelas X SMK Tunas Pelita Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling,10(1), 1–10.

Semaraputri, S. A. K. S., & Rustika, I. M. (2018). Peran Problem Focused Coping Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Remaja Akhir Yang Menjadi Pengurus Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 35–47

Siti, A. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish

Yengimolki, S., Kalantarkousheh, S. M., & Malekitabar, A. (2015). Self-concept, social adjusment and academic achievement of persian students. International Review of Social Sciences and Humanities, Vol.8, No. 2, hal 50-60.

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Abraham, G., & Monika, M. (2025). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP DI JAKARTA. PSIKOLOGI KONSELING, 17(2), 69–75. https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69408