PERAN GENDER TERHADAP RESILIENSI SISWA SMA DI KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69421Keywords:
Gender, Resiliensi, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis perbedaan peran gender dalam membentuk resiliensi siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kota Pontianak. Fokus utama penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana gender memengaruhi kemampuan siswa dalam menghadapi serta mengatasi berbagai tantangan. Subjek penelitian ini mencakup siswa dari dua sekolah, yaitu SMA Negeri 2 Pontianak dan SMA Negeri 10 Pontianak. Sampel penelitian melibatkan total 56 siswa, yang terdiri dari 31 siswa dari kelas XII MIPA dan 25 siswa kelas XII IPA. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode cluster random sampling untuk memastikan keterwakilan yang optimal dari populasi penelitian. Data dikumpulkan melalui kuensioner berbasis skala Likert yang dirancang untuk mengukur dua aspek utama, yakni tingkat resiliensi siswa dan peran gender. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantittatif dalam analisis data. Untuk mengindentifikasi perbedaan signifikan terkait resiliensi berdasarkan gender, digunakan metode statistik berupa Uji Independent Samples t-Test. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam cara mereka menghadapi tantangan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran gender dalam mempengaruhi tingkat ketahanan siswa terhadap tekanan dan kesulitan yang mereka alami. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi untuk memenuhi kebutuhan spesifik siswa berdasarkan gender guna meningkatkan resiliensi mereka.References
Bonano, G. A., Galea. S., Bucciarelli, A., & Vlahov, D. (2007). What predicts psychological resilience after disaster? The role of demographics, resource, and life stress. Journal of Consulting and Clinical Psychological, 75(1), 671-682.
Estrada, J., & Galliher, R. V. (2023). Moderating effects of school ethnic composition of acculturative stress and academic outcomes in latinx youth. Journal of Research on Adolescence, 33(2), 376-388.
Haryanti, D., Pamela, E. M. and Susanti, Y. (2016) ‘Perkembangan Mental Emosional Remaja Di Panti Asuhan’, Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), pp. 97–104.
Losoi, H., Turunen, S., Waljas, M., Ohman, J., Julkunen, J. & Rosti-Otajarvi, E. (2013). Psychometric properties of the finnish version of the resilience scale and its short version. Psychology, Community & Health. 2(1), 1-10.
Marta, L., Kendhawati, L., & Moeliono, M. F. (2023). Adolescent Resilience Reviewed by Gender Resiliensi Remaja Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Imiah Psikologi, 11(3), 371-376.
Masten, A. S. (2018). Ordinary Magic: Resilience in Development. New York: Guilford Press. (kajian pustaka resiliensi)
Puspitaningrum, N. P.P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Peran resource dan vulnerability index of resilience terhadap distres psikologis remaja saat pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 9(2), 159-163. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i2.14265
Ruswahyuningsih, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi pada Remaja Jawa. Gadjah Mada Journal of Psychology, 1(2), 96–105.
Santrock. (2003). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. In Erlangga. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188
Smith, C., & Collins, H. (2021). Resilience in Adolescents: Mechanisms and Influences of Contextual Factors. Journal of Youth and Adolescence, 50(4), 678-691. (kajian pustaka fresiliensi)
WHO. (2021, November 7). Mental health of adolescents. https://www.who.int/news-room/factsheets/detail/adolescentmental-healt
Wolf, M. F., Childers, J., Gray, K. D., Chivily, C., Glenn, M., Jones, L., ... & Greenberg, R. G. (2020). Exchange transfusion safety and outcomes in neonatal hyperbilirubinemia. Journal of Perinatology, 40(10), 1506-1512
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

