HUBUNGAN SELF ESTEEM DENGAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69426Keywords:
Self Esteem, Regulasi Emosi, SiswaAbstract
Self esteem berperan penting dalam regulasi emosi siswa. Self esteem yang rendah dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk mengelola dan mengatur emosi, regulasi emosi yang efektif memerlukan Tingkat self esteem yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dengan regulasi emosi siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung sebanyak 795 siswa, dengan jumlah sampel 90 siswa yang dipilih menggunakan teknik Probability Random Sampling. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Self esteem diukur menggunakan skala CSEI (The Coopersmith Self Esteem Inventory) yang telah dimodifikasi oleh Ryden, dan regulasi menggunakan skala Emotion Regulation Questionnaire dari Gross. Analisis data dilakukan menggunakan Spearman’s rank correlation. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif dengan tingkat korelasi kuat antara self esteem dengan regulasi emosi, dengan standar koefisien korelasi sebesar 0,445. Hal ini mengindikasikan semakin tinggi tingkat self esteem siswa, semakin baik regulasi emosi, sebaliknya, semakin rendah tingkat self esteem siswa, semakin buruk regulasi emosi.References
Abraham, M. (2020). Indikator self esteem coopersmith. Universitas Islam Negeri Malang, 2003, 7–44.
Ayu, (2023, 6 Mei) Tidak terima ibunya diejek, pelajar bacok teman [Video]. tvonenews.com
Balzarotti, S., John, O. P., & Gross, J. J. (2010). An Italian adaptation of the emotion regulation questionnaire. European Journal of Psychological Assesment, 26(1), 61-67.
Bening Satuti, N., & Hertinjung. Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Aktivis Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Coopersmith, Stanley. 1967. The Antecedents of Self Esteem. San Fransisco: Freeman and Company.
Gomez, T., Quinones-Camacho, L., & Elizabeth, D. (2018). Building a sense of self: The link between emotion regulation and self-esteem in young adults. UC Riverside
Greenberg, L. S. (2007) Emotion coming of age. Clinical Psychology: Science and Practice, 14(4), 414-421
Gross, J. J (2008). Emotion and Emotion regulation: Personality processes and individual differences. In O. P. John, R. W. Robins, & L. A. Pervin (Eds). handbook ofpersonality: Theory and research (pp. 701-724). The Guilford Press
Gross, J. J. (2014) Emotion Regulation: Conceptual and Empiricial Foundation. In J. J. Gross (Ed), Handbook of Emotion Regulation, Second Edition. New York: The Guilford Press.
Gunawan, J (2017). the Correlation Between Students Self-Esteem and Speaking Achievement of Undergraduate Efl Students of English Education Study Program of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 1-10
Hessler, D.M. & Katz, L.F. (2010). Brief report: associations between emotional competence and adolescent risky behavior. Journal of Adolescence, 33, 241-246
Keliat, B.A (2010). Model Praktik Keperawatan Profesional Jiwa. Jakarta: EGC
Mahadewi, Desak Putu Sinta; Fridari, I Gusti Ayu Diah. Peran harga diri dan kecerdasan emosional terhadap perilaku asertif mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, [S.I], p. 134-144,
Mandoa, F., Saud, H., &Reba, Y. A. (2021). Penyesuaian Diri Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Regulasi Emosi dan Self-Esteem. Psychocentrum Review, 3(1), 119-127,
Nurrahmah, N., Titin, P. F., & Radde, H. A. (2021). Harga Diri, Regulasi Emosi, dan Perilaku Asertif pada Mahasiswa. journal.unibos.ac.id. https://doi.org/10.56326/jpk.vlil.1092
Proborini, R., & Septania, S., (2021) Adiksi Smartphone Ditinjau dari Attachment Orang Tua - Remaja dan Regulasi Emosi. Insight :Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 17 (1), 74-78.
Rosa, M. C. (2023, 8 November). Tak Terima Ditegur Merokok, Siswa SMK Pukul Guru di Bima Berujung Dikeluarkan dari Sekolah Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.com
Santrock, J. W. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas): Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,. Journal of Business Theory and Practice, 10(2)
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Press.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Thompson, R.A., Emotion Regulation: A Theme in Search of Definition, Monographs of the Society for Resaerch in Child Development, vol. 59 no 2/3, 1994
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

