BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN TRAIT AND FAKTOR SEBAGAI INTERVENSI EFEKTIF MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIR

Authors

  • Endang Saputri Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Wahidah Fitriani Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69431

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Pendekatan Trait and Factor, Keputusan Karir, Siswa

Abstract

Penulis mencoba mendeskripsikan pendekatan trait and factor dalam mengambil keputusan karir siswa.Pendekatan ini sebuah konsep dalam psikologi yang berfokus pada pemahaman individu melalui pengukuran berbagai ciri atau sifat kepribadian yang dimilikinya,ciri-ciri ini kemudian dicocokkan dengan persyaratan yang dibutuhkan dalam berbagai jenis pekerjaan yang bertujuan membantu individu untuk memilih karir sesuai minat, kemampuan dan kepribadian.Penelitian ini menggunakan studi literature dengan mengumpulkan data dan informasi tentang efektifitas bimbingan kelompok melalui pendekatan trait and factor dalam mengambil keputusan karir siswa.. Hasil penelitian yang relevan menunjukkan bahwa bimbingan kelompok pendekatan traid and factor secara signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengambil keputusan karir.Namun keberhasilan intervensi ini dipengaruhi oleh factor-faktor seperti durasi program, kualifikasi konselor dan karakteristik peserta.Kajian ini menyimpulkan bahwa bimbingan kelompok pendekatan trait and factor merupakan intervensi yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi factor-faktor yang dapat memaksimalkan efektifitas intervensi tersebut.

References

Adlini, M. N. et all. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul Jurnal Pendidikan. 6 (1), 975-980

Betz, N. E., & Taylor, K. M. (2012). Career decision self-efficacy scale. Mental Measurements Yearbook with Tests in Print.

Brown, S. D., & Lent, R. W. (2013). Social cognitive model of career self-management: toward a unifying view of adaptive career behavior across the life span. Journal of counseling psychology, 60(4), 557.

Budiman, C., Gunawan, G., & Hidayat, D. R. (2020). Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 1.

Efendi, M. (2016). Bimbingan dan konseling: Teori dan praktik di sekolah. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Gati, I., & Asher, I. (2001). Prescreening, in‐depth exploration, and choice: From decision theory to career counseling practice. The Career Development Quarterly, 50(2), 140-157.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Terjemahan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamzah, B. (2019). Pengambilan keputusan karir siswa sekolah menengah atas. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(2), 101-115.

Hidayat, A., & Pratiwi, S. (2020). Efektivitas bimbingan kelompok dalam meningkatkan kesiapan karir siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 10(1), 45-57.

Ismail, N., & Rahmawati, E. (2018). Pendekatan Trait and Factor dalam bimbingan karir di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(3), 32-40.

Kurnia T. A. et all. (2019). Kaitan Antara Gaya Belajar Siswa dengan Prestasi belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling. 1 (1).

Parsons, F. (1909). Choosing a vocation. Houghtom Mifflin.

Putra, P. I. P., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Perkembangan Karir Ginzberg dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X TITL2 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1), 1.

Sismawati, W., & Lataruva, E. (2020). Analisis Pengaruh Work-Life Balance Dan Pengembangan Karier Terhadap Turnover Intention Karyawan Generasi Y Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel ntervening (Studi Pada PT Bank Tabungan Negara Syariah Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 9(3), 1–11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, U. (2021). Peran bimbingan kelompok dalam pengambilan keputusan karir di era digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 29(4), 77-89.

Wahyuni, T., & Nugraha, R. (2017). Model bimbingan karir berbasis pendekatan Trait and Factor untuk siswa SMA. Jurnal Konseling Nusantara, 9(2), 111-123

Muhammad Fahmi Ridho Suhartono (2018)Penerapan Konseling Kelompok dengan Teori Trait and Factor untuk meningkatkan pemahaman karir siswa SMA Negeri 1 Mojosari,Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Surabaya

Murisal dan Neviyami (2018). Development of group counseling model with trait and factor approach to increase maturity of students career choices, jurnal International Conferences on Education, Social Sciences and Technology

Ristian dan Nadya Rahmadani (2020).Pendekatan Teori Trait and Factor dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA jurnal ilmiah bimbingan konseling.Undiksha,Vol.11 No.1

Rosmawati T dan Suriani (2018) Efektifitas Konseling Kelompok Trait and Factor untuk meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Baubau,Jurnal Sang pencerah Vol.4 No.2

Corey, G. (2016). Teori dan Praktik Konseling Kelompok. Cengage Learning.

Holland, JL (1997). Membuat Pilihan Kejuruan: Teori Kepribadian Kejuruan dan Lingkungan Kerja

Kolb, DA (2015). Pembelajaran Eksperiensial: Pengalaman sebagai Sumber Pembelajaran dan Pengembangan

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Saputri, E., & Fitriani, W. (2025). BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN TRAIT AND FAKTOR SEBAGAI INTERVENSI EFEKTIF MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN KARIR. PSIKOLOGI KONSELING, 17(2), 254–265. https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69431