CONTRIBUTION OF HARDINESS IN REDUCING ACADEMIC BURNOUT IN STUDENTS
DOI:
https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69432Keywords:
Hardiness, Burnout Academic, SantriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara burnout academic dengan hardiness pada santri di Pondok Pesantren X. Terdapat fenomena bahwa para santri menghadapi tantangan dalam bentuk beban kerja dan tugas yang berlebih, yang dapat menghambat dan mengganggu pencapaian tujuan pendidikan di pesantren. Kondisi ini sering disebut sebagai burnout academic, yaitu kondisi fisik, emosional, dan mental yang dialami pelajar akibat stres kronis terkait tuntutan academic. Penelitian ini melibatkan 180 santri MA Pondok Pesantren X sebagai responden, dengan kriteria: (1) santri berdomisili di Pondok Pesantren X, (2) santri aktif mengikuti pendidikan formal di Madrasah Aliyah X, dan (3) pernah menjabat sebagai ketua kamar. Penelitian menggunakan skala burnout academic yang diadaptasi dari Fatimah (2022) dan skala hardiness yang diadaptasi dari Rahmi (2019). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi non-parametrik Spearman. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan burnout academic pada santri, dengan koefisien korelasi sebesar -0,387. Hal ini berarti semakin tinggi hardiness yang dimiliki santri, maka semakin rendah burnout academic yang dialami. Penelitian ini memperkaya literatur mengenai burnout academic dan hardiness dalam konteks pendidikan pesantren, yang masih terbatas. Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar pengembangan program intervensi untuk meningkatkan hardiness dan mencegah burnout academic pada santri.References
Alifah, N. Z., Kusrohmaniah, S., & Suparno, S. (2020). Peran Hardiness Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Santri Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi, 47(2), 146-157. Https://Doi.Org/10.22146/Jpsi.50196
Amin, A. S., & Amran, Y. (2018). The Influence Of Time Management On Academic Burnout Among Students At Islamic Boarding School. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 194-199. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jubk
Amran, Y., & Amin, A. S. (2019). Hardiness Training To Reduce Academic Burnout Among Students At Islamic Boarding Schools. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 49-55. Https://Doi.Org/10.26858/Jpkk.V5i2.10478
Adawiyah, R., (2024). Strategi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Santri Di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits Jatiwaringin. Tesis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Christianto, L., & Amalia, S. T., (2022). Penyusunan Alat Ukur Untuk Individu Pada Tahap Perkembangan Dewasa Awal. Jurnal Seminar Nasional Mahasiswa (Senacam 2022). Universitas Negeri Malang
Fahmi, A. R., & Widyastuti., (2018). Hubungan Antara Hardiness Dengan Burnout Pada Santri Pondok Pesantren Persatuan Islam Putra Bangil. Jurnal Psikologi POSEIDON. Jurnal Ilmiah Psikologi Keluatan Kemaritiman. 1(1). Hal 62-70.
Fauziah, H. H., & Hartati, S. (2019). Regulasi Emosi Dan Burnout Academic Pada Santri Pondok Pesantren. Jurnal Empati, 8(2), 305-310. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Empati/Article/View/24717
Fatimah, F., (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Burnout Akademik Siswa Kelas V MI Di Kecamatan Purwosari. Skripsi. IAIN Kediri
Fitriyadi, S., Kamaruddin., Suwanto, I., & Sanu., (2023) Pengaruh Burnout Academic Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 8(2). Hal 103-111
Hudayah, N., Kusrini, W., & Suhardi, E. (2021). The Relationship Between Hardiness And Academic Resilience Among Islamic Boarding School Students. Psychology, Evaluation, And Technology In Educational Research, 3(2), 105-112. Https://Doi.Org/10.33292/Petier.V3i2.82
Lestari, R., & Tjahjono, H. K. (2015). Hardiness, Burnout, Dan Prestasi Academic Santri. Jurnal Psikologi, 42(2), 105-123.
Maharani, D. M., (2019), Hubungan Antara Self Esteem Dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Universitas Negeri Semarang
Maddi, S. R. (2013). Hardiness: Turning Stressful Circumstances Into Resilient Growth. Springer Netherlands. Https://Doi.Org/10.1007/978-94-007-5222-1.
Mashadi, M. (2015). The Role Of Pesantren In Education And Community Development In Indonesia. JOURNAL OF EDUCATION AND PRACTICE, 6(18), 205-218.
Maslach, C., Schaufeli, W.B., & Leiter, M.P. (2001). Job Burnout. Annual Review Of Psychology. 52, 397-422
Nurtjahtjanti, H., Dan Ratnaningsih, I.Z., (2018). Hubungan Kepribadian Hardiness Dengan Optiminsme Pada Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) Wanita Di BLKLN Disnaketrans Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip Vol 10 No.2
Rahmat, A., Susilowati, I. H., & Widiastuti, A. (2022). The Role Of Hardiness In Reducing Academic Stress Among Islamic Boarding School Students. Buletin Psikologi, 30(1), 1-12. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.66023
Rahmi, F., (2019). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stress Akademik Pada Siswa SMK Dengan Sistem Full Day School Di Kota Dumai. Fakultas Psikologi. Unibersitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Sari, A. P., & Diponegoro, A. M. (2020). The Influence Of Social Support On Academic Burnout Among Students In Islamic Boarding Schools. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 11-20. Https://Doi.Org/10.24127/Gdn.V10i1.2525
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Zuhdi, M. (2018). Modernization Of Indonesian Islamic Schools' Traditions. Journal Of Indonesian Islam, 12(1), 1-28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

